bdadinfo.com

Ditjen Perhubungan Darat Gelar Rangkaian PNKJ: Upaya Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Masyarakat - News

Salah satu momen Kick Off PNKJ.  (dok. Dephub)

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar kegiatan Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) Tahun 2023.

PNKJ Mengusung tema “Teman Sejati” (Selamat di Jalan dan Hati-Hati) Streetsforlife #Rethink Mobility, hari Sabtu, 8 Juli 2023, di Monas, Jakarta.

PNKJ dihadiri 500 Peserta yang mencakup unsur pemerintah, komunitas, masyarakat pengguna jalan, serta pelajar atau mahasiswa.

Baca Juga: Kontroversi Ponpes Al Zaytun, Begini Kata Menag Era SBY Saat Berkunjung ke Sana

PNKJ juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Staf Utama Menhub Bidang Konektivitas Transportasi Darat Budi Setiyadi, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh.

Dikutip dari dephub.go.id 8 Juli 2023, Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan dalam sambutan menyatakan, tujuan PNKJ adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas.

Selain itu, PNKJ juga diharapkan mampu menguatkan budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan.

Baca Juga: Pilihan Sulit dalam Karir Sepak Bola Sandro Tonali: Tinggalkan AC Milan Demi Masa Depan

“Berdasarkan data jumlah kecelakaan yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia, sudah selayaknya semua pemangku kepentingan menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia. Untuk itu Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan dengan tujuan untuk menurunkan fatalitas sebesar 65 persen indeks fatalitas per 100 ribu penduduk dan 85 persen indeks fatalitas per 10 ribu kendaraan pada tahun 2040,” kata Danto.

Danto menegaskan bahwa kegiatan PNKJ ini mengacu pada tema yang dikeluarkan oleh WHO, yakni UN Road Safety.

"Dengan tema yang selaras tersebut, maka program keselamatan yang diselenggarakan oleh Indonesia sejalan dengan kampanye keselamatan dunia. Pekan Nasional Keselamatan Jalan ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun,” jelas Danto.

Baca Juga: Staf Ahli DPR Nistra Yohan Dituding Nikmati Duit Haram BTS Kemenkominfo, Seginikah Nilainya?

PNKJ in, kata Darto, dilaksanakan juga oleh Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia sesuai wilayah kerjanya masing-masing.

Adapun rangkaian PNKJ tahun ini menghadirkan acara spesial yakni 'Cycling Anywhere to Save the Earth' yang dibuka oleh Royke Lumowa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat