bdadinfo.com

Dalih Jokowi Soal Bandara Kertajati, Jawabannya Begini Ternyata - News

Dalih Jokowi soal Bandara Kertajati  (BPMI Setpres/Laily Rachev)

- Presiden Jokowi telah meresmikan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati atau Bandara Kertajati.

Jokowi mengatakan dengan Bandara Kertajati akan beroperasi penuh pada Oktober tahun ini lho.

Nah nggak hanya itu saja, Jokowi yakin banget nanti ke depan Bandara Kertajati akan jadi bandara masa depan dengan traffic sangat padat.

Baca Juga: Komentar Kocak Will Smith Saat Beri Ucapan Ulang Tahun Jaden Smith: Di Umur 25, Aku Punya Anak 2!

Nah ternyata dalam peresmian itu, Jokowi menyampaikan dalih soal kenapa Bandara Kertajati kok baru diresmikan belakangan ini.

Jadi Jokowi mengungkapkan, dalam skema awal nih, Bandara Kertajati itu diskenariokan rampung bersamaan dengan pembangunan jalan Tol Cisumdawu.

"Perlu saya sampaikan bahwa dalam perencanaan awal memang Bandara Kertajati dan Tol Cisumdawu selesainya pada saat yang bersamaan, tetapi karena proses pembebasan lahan Tol Cisumdawu yang banyak masalah sehingga tolnya mundur tidak bisa mendukung operasional dari Bandara Kertajati," dalih Jokowi dikutip dari laman Setkab, Rabu 12 Juli 2023.

Baca Juga: Dari Batam Pengunjung Pantai Asal Sumbar Ngaku Puas Liburan di Pantai Tiram Padang Pariaman

Nah kini dengan resmi beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, Jokowi yakin Bandara Kertajati akan lebih menjanjikan, sebab nih jalan tol tersebut memangkas waktu dari Bandung ke Tol Cipali hanya sejam saja dari yang sebelumnya memakan waktu sampai 4 jam.

"Setelah selesai ini saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan traffic sangat padat," ujar Jokowi.

Dengan operasi penuh Bandara Kertajari pada Oktober nanti akan mengalihkan semua penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Jalan Paling Berbahaya di Indonesia, Ada Juga di Sumatera Barat

Saat ini Bandara Kertajati digunakan untuk bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan umroh hingga empat kali seminggu, dan penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Kertajati sebanyak dua kali per minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat