bdadinfo.com

Batang Antokan dan Masang Meluap, 18 Rumah Terendam Banjir di Agam - News

Banjir di Kabupaten Agam (AMC News)

AGAM, - Banjir kiriman mulai rendam wilayah Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam semenjak Sabtu (18/12/2021).

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), kawasan hilir sungai-sungai besar yang berhulu di wilayah Palembayan, Ampek Nagari dan Lubuk Basung, terutama Batang Antokan dan Batang Masang yang saat ini meluap, mulai memenuhi kawasan di Tiku V Jorong di bagian hilir.

Baca Juga: 10 Kecamatan Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan, 1.091 Rumah Terendam

Informasi yang diperoleh, dampak banjir kiriman itu, setidaknya sudah 18 rumah warga tergenang banjir, yang terparah areal perkebunan kelapa sawit, sarana jalan dan prasarana lain mulai terdampak Sabtu malam ini.

Diprediksi, dampak banjir kiriman akan semakin parah dua-tiga hari kedepan, karena curah hujan di wilayah hulu masih tinggi.

Baca Juga: PMI Agam Evakuasi Warga Salareh Aia yang Terjebak Banjir

Mulai masuknya banjir kiriman ke wilayah Tiku V Jorong itu, khususnya Jorong Gadih Angik, Jorong Masang dan beberapa lokasi lain, dibenarkan Weri Ikhwan, Kasi.PEM Kecamatan Tanjung Mutiara.

Weri Ikhwan menyebutkan, banjir kiriman yang mulai masuk ke kawasan Gadih Angik Sabtu malam itu, sudah diwaspadai masyarakat, pasalnya dampak curah hujan tinggi beberapa hari terakhir mulai menguatirkan warga, pasalnya musibah banjir kiriman sudah menjadi langganan di wilayah itu.

Ia mengatakan, kondisi itu sudah dikoordinasikan dengan jajaran terkait, termasuk langkah-langkah penanganan di lapangan, termasuk antisipasi oleh masyarakat.

”Mudah-mudahan curah hujan segera mereda, sehingga potensi banjir ke wilayah Tiku V Jorong bisa lebih rendah,” tuturnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat