bdadinfo.com

Cegah Stunting, Pemnag Sungai Aur Pasaman Barat Berikan Bantuan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil - News

Pemnag Sungai Aur Pasaman Barat Berikan Bantuan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil

 

PASAMAN BARAT, News COM-- Pemerintah Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), berikan bantuan tambahan gizi terhadap anak-anak dan ibu hamil. Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya penanggulangan terhadap penyakit stunting (kurang gizi) dan permasalahan penyakit lainnya. Ibu-ibu hamil tersebut juga diberikan pelatihan untuk membuat makanan yang sehat dan bergizi yang diberikan oleh tenaga kesehatan puskesmas Sungai Aur.

Bersama masyarakat
Bersama masyarakat

Pj. Wali Nagari Sungai Aur, Yonri Hasman kepada haluan.com Selasa (28/12/2021) mengatakan, demi meminimalisir naiknya angka stunting di Nagari Sungai Aua, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Diantaranya adalah memberikan makanan tambahan kepada 20 orang anak-anak dan 30 orang ibu hamil. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyakit stunting agar tidak menggangu perkembangan dan pertumbuhan balita dan anak-anak, sebagai generasi penerus di Nagari Sungai Aur kedepannya.

Serahkan bantuan
Serahkan bantuan

"Kegiatan ini kita lakukan kepada sekitar 20 orang anak-anak dan 30 orang ibu hamil. Dengan harapan anak-anak ini nantinya dapat terhindar dari resiko penyakit stunting yang akan menggangu pertumbuhan mereka," ungkapnya.

Yonri menambahkan, selain melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Balita dan Ibu Hamil, pihaknya juga melakukan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada ibu hamiL, peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita, dan pemberian vitamin A pada balita.

Serahkan bantuan
Serahkan bantuan

"Selain PMT, Ibu-ibu hamil ini juga kita berikan pelatihan memasak makan sehat dan bergizi untuk anak-anak, yang dilakukan oleh Tenaga kesehatan dari Puskesmas Sungai Aur,"ujarnya Yonri.

Baca Juga: Tips Unduh Aplikasi dari Internet dengan Aman!

Adapun jenis-jenis makan sehat yang diberikan tersebut adalah, susu, gula merah, kacang ijo, telur ayam dan dan berbagai macam jenis makanan bergizi lainnya.

"Semoga kedepannya angka stunting di Kabupaten Pasbar, khususnya Nagari Sungai Aur bisa menurun, dan anak-anak tersebut bisa menjadi generasi penerus yang berhasil dan berguna bagi bangsa dan negara," pungkasnya.

Dijelaskan, disamping memberikan tambahan gizi, pemerintah nagari Sungai Aur juga telah membangun Polindes di Jorong Kumpulan sebagai sarana penunjang kesehatan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Keberadaan bangunan tersebut dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama bagi ibu hamil, balita dan lansia.

Bantuan untuk anak-anak dan bumil
Bantuan untuk anak-anak dan bumil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat