bdadinfo.com

Polisi Tembak Satu Diantara 4 Komplotan Pencuri di Medan yang Viral di Medsos, Ini Kronologisnya - News

Ilustrasi. Dua Satpam menyamar jadi polisi lalu memperkosa seorang gadis dan membunuh. (SultraNetwork/Dok.pixabay)

News - Pihak Polrestabes Medan terpaksa tembak salah seorang komplotan pencurian dengan modus sebagai petugas PDAM beberapa waktu lalu.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Firdaus mengatakan sebelumnya keempat pencuri dengan inisial IAY (49 tahun), T (54 tahun), DIS (43 tahun), dan EC (43 tahun) ini telah melancarkan aksinya dengan modus berpura-pura sebagai petugas PDAM lalu menggasak harta benda milik korban, Kamis 24 Maret 2022 dan aksi para pelaku viral di media sosial.

"Keempat pelaku ditangkap setelah terbukti melakukan pencurian di rumah korban Juli (39), Jalan Jemadi, Kecamatan Medan Timur, dimana korban saat itu sedang mengajar muridnya bimbingan belajar (bimbel) di lokasi yang dekat dengan rumah," kata Kompol Firdaus.

Baca Juga: Warga Garut Diresahkan dengan Aksi Pencurian Ternak Kerbau, Pelaku Potong di Tempat Sisakan Kepala dan Tulang

Setelah terjadinya aksi pencurian, asisten rumah tangga korban mendatanginya agar segera pulang karena barang-barang di rumah sudah dicuri para pelaku dan korban pun mengecek ke lantai dua kamar tidurnya.

"Pada saat korban memeriksa, pintu lemari pakaiannya sudah terbuka dan uang Rp80 juta serta emas miliknya telah raib dan kerugian ditaksir mencapai Rp183.525.000," ujarnya.

Lebih lanjut, Kasat Reskrim Polrestabes Medan menjelaskan korban telah membuat laporan ke Polsek Medan Timur dengan bukti laporan polisi nomor: LP/ B/ 167/ III/ 2022/ SPKT/ Polsek Medan Timur.

Baca Juga: Pelaku Pencurian di 8 Titik Diamankan Polsek Bukittinggi

"Selain itu, juga ada dua laporan lainnya dengan kasus yang sama, yakni LP/ B/ 97/ II/ 2022/ SPKT/ Polsek Medan Timur, pelapor atas nama Lioe Mie Kiauw dan LP/ B/ 752/ X/ 2022/ SPKT/ Polsek Medan Area, pelapor atas nama Hendrik Sumarta," kata Firdaus.


Ia menambahkan bahwa setelah Tim Jatanras melakukan analisis CCTV maka petugas kepolisian berhasil mengantongi identitas keempatnya dan mengetahui modus operandinya dengan menyamar sebagai petugas PDAM.

"Keempat pelaku berhasil ditangkap saat akan beraksi dengan menyamar menggunakan seragam lengkap sebagai petugas PDAM, mulai dari helm PDAM, alat meteran, dan kamera," ujarnya.

Baca Juga: RSUP M Djamil Padang Klarifikasi Terkait Sopir Ambulans Pelaku Pencurian Sepeda Motor di RS Itu

Hasil interogasi, ternyata pelaku menjual barang hasil curiannya kepada seseorang berinisial I alias Iin yang kini masih DPO.

Selanjutnya, petugas membentuk 2 tim yang dipimpin oleh Kanit Pidum AKP Reza dan Iptu Jaya Syahputra serta membawa ketiga pelaku IAY, DIS, T di tim 1.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat