bdadinfo.com

Gelar Business Matching, STP Unand Gandeng HIPMI Sumbar Ciptakan Peluang UMKM Naik Kelas - News

Business Matching oleh HIPMI Sumbar dan PHRI Sumbar (Foto/Tio Furqan)

News - Science Techno Park (STP) Unand menggelar kegiatan Business Matching bersama pelaku UMKM, di Convention Hall Universitas Andalas, Senin, 10 Oktober 2022.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Solok dengan STP Unand dalam hal pembinaan pelaku UMKM.

Dalam pelaksanaannya, STP menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar.

Ketua STP Unand Eka Candra Lina menyebut, tujuan diadakannya Business Matching ini adalah untuk membuka peluang bagi pelaku usaha dibawah binaan Unand dengan mengikuti sesi sharing bersama narasumber.

"Pada kesempatan ini kita mengundang HIPMI Sumbar dan PHRI Sumbar, harapannya agar pelaku-pelaku usaha yang dalam hal ini adalah pelaku usaha dari Kota Solok yang merupakan tenant Universitas Andalas, agar dapat menyerap ilmu dan mendapatkan peluang-peluang dalam pengembangan UMKM," ucapanya.

"Nanti mereka akan melihat dan mendengar langsung, seberapa besar peluang produk-produk UMKM yang sudah tersentuh inovasi dan implementasi teknologi untuk naik kelas, bisa masuk ke hotel-hotel, restoran dan bisa ikut di event-event besar," tambahnya.

Untuk kerjasama antara STP dengan Dinas Pariwisata Kota Solok sendiri, dikatakan Eka Candra Lina, sudah berjalan dari tahun 2020 dengan sistem terpadu berbasis kurikulum selama 3 tahun.

"Selama ini kita tahu bahwa dalam peningkatan kapasitas UMKM itu hanya sebatas pelatihan terus hilang, nah untuk itu kita terapkan sistem terpadu berbasis kurikulum selama 3 tahun, dan tahapan setiap tahunnya itu berbeda", tuturnya.

"Untuk hari ini kita juga sekaligus melaksanakan wisuda pelaku UMKM yang sudah melewati 3 tahun kurikulum yang dimaksud, sementara untuk Business Matching ini ditujukan untuk pelaku usaha tahun pertama," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang 6 HIPMI Sumbar, Heru Saputra yang hadir sebagai narasumber mewakili HIPMI Sumbar menyebut, HIPMI Sumbar selalu siap membantu perkembangan UMKM.

"Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kota Solok dan juga STP Unand, kita berharap UMKM bisa lebih inovatif, tumbuh dan berkembang lebih pesat," ucapnya.

"HIPMI Sumbar selalu siap membuka peluang-peluang dan juga kolaborasi dari semua sektor agar terwujudnya pertumbuhan ekonomi daerah. Maju terus UMKM Sumatra Barat," kata Heru menambahkan.

Acara ini juga turut diikuti oleh Rektor Universitas Andalas dan dihadiri oleh Wali Kota Solok Zul Elfian yang juga memberikan kuliah umum dengan tema "Kebutuhan Riset, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi dalam Rangka Pembangunan di Kota Solok".(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat