bdadinfo.com

Presidensi G20, Momentum UKM Beradaptasi Terhadap Masalah Global - News

PKBLBB Foto: Kemenperin

– Koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) harus melakukan adaptasi terhadap berbagai permasalahan global saat ini. UKM diharapkan dapat melakukan penyesuaian terhadap berbagai isu-isu strategis yang dibahas dalam KKT G20.

Presidensi G20 bagi kami menjadi momentum bagi Koperasi dan UKM agar dapat beradaptasi dengan isu-isu strategis yang diangkat," kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melalui keterangan tertulisnya.

Teten menjelaskan, adaptasi yang dilakukan UMKM, antara lain usaha berkelanjutan di tengah pandemi, transformasi digital, serta model bisnis yang mengadopsi transisi produksi ke arah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan pemanfaatan energi terbarukan.

Baca Juga: Suasana Langit Bali Dipadati Private Jet Jelang KTT G20 

Baca Juga: La Nyalla Harap Kehadiran Pemimpin Dunia di KTT G20 Bisa Pulihkan Ekonomi Global

Baca Juga: La Nyalla Harap Kehadiran Pemimpin Dunia di KTT G20 Bisa Pulihkan Ekonomi Global

UMKM masa depan memamerkan beragam produk di area KTT G20 dalam paviliun The Future SME Village. Evolusi UMKM diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas dan mutunya.

“The Future SME Village didedikasikan untuk delegasi dan masyarakat umum untuk menikmati UMKM masa depan. Future SMEs yang dibagi dengan 5 kategori, yaitu Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food, dan Future Wellness,” ucapnya.

“Kami menamakan Future SMEs karena kita harus melakukan evolusi terhadap UMKM kita," imbuhnya.

Evolusi tersebut untuk terus meningkatkan kualitas, mutu, evolusi untuk mulai masuk juga ke produk-produk yang berbasis kreativitas dan ada sentuhan teknologi, science, dan evolusi dalam mengembangkan model bisnisnya.

Selain itu, pertumbuhan UMKM dapat ditingkatkan dengan kegiatan Future SME Village Local Wisdom For Global Sustainability. Peningkatan juga diharapkan dapat terjadi pula pada investasi dalam negeri untuk UMKM.

Baca Juga: Rayakan HUT Brimob ke-77, Kapolri: Semoga Sukses Mengamankan KTT G20

"Mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara G20. Ke depan, kita berharap UMKM Indonesia dapat terus menggerakan ekonomi lokal dan nasional, serta menciptakan pemulihan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.” jelasnya.

Sebelumnya, dalam menyambut KTT G20 Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, menginisiasi dan melepas kegiatan touring 48 unit kendaraan listrik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat