bdadinfo.com

Aset Bank Nagari Syariah Batusangkar Rp265 Miliar - News

Kantor Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar. (IST)

 

 

TANAH DATAR,  — Sejak dibuka pada tahun 2012 lalu (saat itu masih berstatus kantor cabang pembantu), hingga posisi September 2022 aset Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar mencapai sebesar Rp265 miliar.

Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar sebesar Rp125 miliar dan pembiayaan yang dikucurkan sebesar Rp262 miliar dengan kualitas pembiayaan (NPF) diangka 0,71 persen.

Jika dilihat dari kinerja keuangan ini memperlihatkan bahwa market share atau pangsa pasar Bank Nagari Syariah untuk DPK mencapai sebesar 15 persen dari total DPK perbankan syariah yang ada di wilayah Tanah Datar.

Baca Juga: Kota Padang Salurkan BLT BBM Melalui Bank Nagari

“Sedangkan market share untuk pembiayaan kita sebesar 11,97 persen dari total pembiayaan yang dikucurkan oleh perbankan yang ada di Tanah Datar,” ujar Pimpinan Cabang Bank Nagari Syariah Batusangkar Dewi Purnama Sari ketika dikonfirmasi Haluan , Kamis (17/11).

Dikatakannya sejarah pendirian Bank Nagari Syariah Batusangkar pada awalnya adalah dengan  dibukanya Kantor Cabang Pembantu (Capem) Syariah di Batusangkar pada Bulan Desember 2012.

“Perkembangan dan pertumbuhan kantor capem ini cukup signifikan serta untuk optimalisasi pelayanan maka pada bulan November 2018 dilakukan peningkatan status kantor menjadi Cabang Syariah Batusangkar,” katanya lagi.

Dikatakannya untuk Kabupaten Tanah Datar terdapat 3 (tiga) kantor Cabang yaitu Cabang Batusangkar, Cabang Lintau dan Cabang Syariah Batusangkar. 

“Agar pelayanan syariah dapat diterima oleh seluruh masyarakat, maka di setiap kantor cabang konvensional juga terdapat Layanan Syariah yang berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan nasabah yang ingin bertransaksi secara syariah,” katanya lagi.

Ditambahkannya minat masyarakat terhadap Bank Nagari Syariah terus bertambah yang dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat untuk bertransaksi secara syariah. Hal ini tergambar dari kinerja keuangan yang setiap tahunnya mengalami peningkatan baik dari sisi nominal maupun jumlah nasabah.

Dikatakannya lagi, Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga pemerintahan vertikal dan pendidikan yang ada di Batusangkar dengan lingkup kerja sama berupa pembayaran gaji pegawai, pembiayaan pegawai, pembayaran uang kuliah, Nagari Portal Payment (NPP), dll. 

“Edukasi dan sosialisasi literasi keuangan syariah merupakan salah satu strategi dalam peningkatan pangsa pasar syariah. Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai perbankan syariah akan memudahkan masyarakat dalam memilih transaksi keuangan yang akan mereka gunakan,” katanya.

Dalam melakukan literasi keuangan syariah ini, Bank Nagari juga melibatkan berbagai pihak yang terkait seperti lembaga keagamaan, fakultas yang membidangi perbankan syariah, tokoh masyarakat dan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat