bdadinfo.com

Mekanisme Pencairan BSU 2023 Lewat Pos Indonesia, Gampang Banget Ternyata Pakai Aplikasi ini - News

Ilustrasi (pexels.com)





- BSU atau Bantuan Subsidi Upah dari Kemnaker sebesar 600 ribu rupiah kini sudah bisa dicairkan bagi penerima di bulan Januari 2023 dan akan disalurkan melalui transfer rekening bank.

Pilihan Bank yang terdaftar sebagai penyaluran BSU daei Kemnaker diantara lain Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh).

Bagi pekerja yang tidak memiliki rekening Bank Himbara ataupun Bank Syariah Indonesia tak perlu khawatir. Karena ada cara alternatif untuk menerima BSU dari Kemnaker tanpa harus repot membuat rekening bank baru, yakni melalui PT Pos Indonesia.

Tidak semua pekerja memiliki rekening dari Bank Himbara maupun Bank Syariah Indonesia. Alhasil banyak pekerja yang bingung bagaimana bisa menerima BSU apabila lewat PT Pos Indonesia.

PT Pos Indonesia menjadi tempat khusus penyaluran BSU bagi pekerja yang terdaftar sebagai penerima BSU namun tidak memiliki rekening Bank Himbara ataupun BSU.

Baca Juga: BSU 2023 Dihapus, Tapi Pemerintah Tetap Beri Rp600.000, Cek Syarat untuk Mendapatkannya

Dilansir dari News, berikut adalah cara menerima bantuan BSU lewat PT Pos Indonesia.

1. Pastikan bahwa Pekerja sudah ditetapkan sebagai penerima BSU melalui Pos Indonesia.

Pekerja bisa langsung cek melalui tiga website dari kemnaker untuk memastikan bahwa namanya terdaftar sebagai penerima BSU. Dua website tersebut diantara lain bsu.ketenagakerjaan.go.id, dan bsu.kemnaker.go.id.

Atau biasanya pihak HR (Human Resource) di tempat bekerja akan menginformasikan secara langsung apabila pekerja memang terdaftar sebagai penerima BSU.

2. Download Aplikasi Pospay di Google Play/Playstore.

Pospay adalah sebuah aplikasi digital milik PT Pos Indonesia berbasis rekening Giropos yang diberikan kepada pemilik rekening Giropos sehingga dapat mengakses layanan Giropos dan transaksi keuangan layanan Pos Indonesia secara mobile.

Namun khusus penerima BSU cukup mengunduh aplikasi Pospay tanpa harus mendaftar rekening Giropos. Cukup dengan buka Playstore dan ketik nama Pospay di kolom pencarian. Nanti akan muncul Pospay yang identik logo warna oranye milik PT Pos Indonesia.

3. Buka aplikasi Pospay dan klik ikon (i) berwarna merah di pojok kanan bawah.

Saat masuk aplikasi Pospay, nanti akan muncul gambar login atau buat akun baru. Karena pekerja ingin mengecek BSU, silakan pilih ikon (i) yang berada di pojok kanan bawah bewarna merah.

Nanti akan muncul 5 ikon lain dengan pilihan info versi aplikasi, Call Center, Email Center, Kemnaker, dan update aplikasi. Silakan pilih ikon Kemnaker untuk melanjutkan tahap berikutnya.

4. Pilih Kemnaker 1 pada kolom Jenis Bantuan.

5. Siapkan eKTP penerima BSU, lalu klik tombol 'Ambil Foto Sekarang'.

6. Klik tombol kamera di bagian bawah tengah layar untuk foto eKTP. Pastikan gambar harus jelas agar terbaca oleh sistem.

7. Setelah ambil foto eKTP, silakan lengkapi data identitas pribadi penerima di kolom yang telah tersedia di bagian bawah. Pastikan semuanya valid termasuk nomor telepon karena akan dimintai OTP, setelahnya klik 'Lanjutkan'.

8. Apabila nama yang diinput adalah benar dan tercatat sebagai penerima BSU, maka kode OTP akan dikirimkan melalui nomor HP yang telah didaftarkan.

9. Kemudian masukan kode OTP sesuai yang dikirimkan melalui pesan SMS atau WhatsApp. Nanti akan muncul QR Code yang wajib ditunjukkan ke pihak Pos Indonesia untuk menerima bantuan BSU.

Sedangkan untuk mekanisme pembayaran BSU di Kantor Pos adalah sebagai berikut.

1. Pekerja bisa langsung mendatangi Kantor Pos terdekat, jadi tidak harus datang sesuai domisili yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Penerima BSU menunjukkan QR Code yang telah didapatkan sebelumnya melalui aplikasi Pospay kepada petugas Kantor Pos.

3. QR Code akan di-scan oleh petugas juru bayar di Kantor Pos menggunakan aplikasi Pos Giro Cash (PGC).

4. Juru bayar akan melakukan verifikasi atas penerima BSU dan identitas fisik dengan mengambil foto eKTP asli.

5. Jika hasil verifikasi dan validasi sudah benar, juru bayar akan melakukan verifikasi lanjutan yakni dengan pengambilan foto penerima BSU.

6. Penerima BSU diminta untuk tanda tangan pada lembar kwitansi yang telah tercetak.

7. Juru bayar membayar bantuan upah kepada penerima BSU sesuai jumlah yang diterima pada kwitansi.

Itulah cara dan mekanisme pencairan BSU 2023 melalui PT Pos Indonesia yakni mengunduh Pospay lalu datang ke Kantor Pos. Jangan sampai tidak dicairkan dalam waktu yang telah ditentukan karena jika terlewat, bantuan upah akan dikembalikan menjadi kas negara. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat