bdadinfo.com

Gercep Banget! Bukan Indonesia, Ini Negara ASEAN Pertama kirim Tim SAR Evakuasi Korban Gempa Turki - News

Gercep banget! Bukan Indonesia, Ini negara ASEAN pertama kirim tim SAR evakuasi korban Gempa Turki (Malaysiamail.com)

Tim SAR asal negara Malaysia ternyata lebih dahulu sampai untuk memberikan bantuan tenaga evakuasi korban Gempa Turki.

Special Malaysia Disaster Assistance and Rescue Team atau SMART, badan yang berisi tim khusus untuk menangani bencana asal Negeri Jiran sudah menurunkan 70 personilnya di Turki.

Sejauh ini, dalam pemberitaan yang ada, belum ada negara ASEAN yang menurunkan bantuan personel untuk evakuasi dan penanganan korban Gempa Turki.

Baca Juga: Pimpin Sholawat Asyghil di Puncak Harlah 1 Abad NU, Addie MS: Ada Getaran dan Rasa yang Sulit Dijelaskan

Baca Juga: KBRI Temukan Satu WNI Asal Bali Dalam Keadaan Meninggal Dunia Tertimbun Reruntuhan Akibat Gempa Turki

Aktivis kemanusiaan Indonesia, Azzam Mujahid Izzulhaq dalam akun Twitternya @AzzamIzzulhaq membagikan video pasukan khusus bencana asal Malaysia itu telah diterjunkan untuk membantu evakuasi pasca Gempa Turki.

Dalam unggahan tersebut diketahui SMART Malaysia merupakan tim khusus yang tersertifikasi oleh PBB dalam Heavy Urban Search and Rescue (USAR).

"Sebanyak 70 orang dari Special Malaysia Disaster Assistance and Rescue Team (SMART), pasukan khusus yg memiliki sertifikasi dari PBB dalam Heavy USAR (Urban Search and Rescue) diberangkatkan menuju Türkiye.Teşekkür ederiz Yang Mulia Dato' Seri @anwaribrahim_my," tulis Azzam.

Baca Juga: Mengenal Kabupaten Nduga, Lokasi Pembakaran Pesawat Susi Air oleh KKB Papua, Daerah Emas Ternyata

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 401.400 kali dan dapat likes 2.117 kali ini mendapatkan banyak dukungan dari warganet, masyarakat Indonesia juga akan mengirimkan bantuan serupa.

Akun Twitter @Pribumi*** mengatakan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) juga akan diberangkatkan ke Turki.

SMART Malaysia Tiba di Turki

Malaysia melalui Tim Khusus Bantuan dan Penyelamatan Bencana Malaysia atau SMART, merupakan salah satu negara pertama yang membantu Turki dalam pencarian dan penyelamatan (SAR) korban gempa.

Tim khusus asal negeri yang terkenal dengan animasi upin ipin-nya ini akan berhasil sampai di Turki untuk dimobilisasi dalam 24 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat