bdadinfo.com

Catatan Sepakbbola Tentara Israel Pernah Masuk Lapangan Tembak Gas Air Mata saat Lawan Palestina - News

Heboh Penolakan Timnas Israel di Indonesia, Ini Rekam Jejak Mereka di Pentas Piala Dunia (Instagram.com/@isr.fa)

- Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 batal. Hal ini karena adanya gelombang penolakan kepada Israel yang merupakan salah satu peserta turnamen Piala Dunia itu.

Baru-baru ini, ada perkiraan Timnas Israel U-20 bisa menjadi sorotan pada perhelatan sepakbola dunia itu. Pasalnya, tentara Israel berbuat ulah di sepakbola Palestina dengan membuat onar dan melakukan tindakan yang brutal.

Ini terjadi saat laga final Piala Liga Palestina 2023 di Stadion Faisal Al Husseini pada Kamis, (30/3/2023) antara Jabal Al Mukaber vs Balata FC. Para tentara tersebut tiba-tiba masuk ke dalam stadion dan menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun stadion.

Baca Juga: Gagal Mentas di Piala Dunia U-20, PSSI Alihkan Fokus ke SEA Games 2023 di Kamboja

Perlakuan tersebut membuat penonton panik dan banyak yang mendapatkan perawatan akibat efek gas air mata itu. Tak hanya penonton, para pemain pun juga mendapat perawatan akibat tindakan pasukan zionis Israel tersebut.

Karena insiden itu, pertandingan final Piala Liga Palestina 2023 harus terhenti selama kurang dari satu jam. Menanggapi kebrutalan tentara Israel itu, Federasi Sepakbola Palestina (PFA) akan mengadukan hal ini kepada FIFA. PFA menuntut agar FIFA memberikan sanksi yang tegas kepada negara penjajah Palestina itu.

“PFA akan menghubungi seluruh dunia, termasuk Asia dan Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA), untuk mengakhiri terorisme ini yang dilakukan kepada olahraga dan para atlet Palestina,” jelas Presiden PFA, Jibril Rajoub, mengutip dari Inside World Football.

Baca Juga: Ribuan Sukarelawan Piala Dunia U-20 Dapat Surat Cinta Penyelenggara, Ini Isinya

Lantas, akankah aksi Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 jadi sorotan utama? Hal itu bisa saja terjadi. Mengingat, dalam aturan FIFA Stadium Safety and Security Regulations pasal 19 b, dijelaskan bahwa senjata api atau gas air mata untuk mengontrol kerumunan dilarang dibawa serta digunakan.

Sementara itu, Timnas Israel U-20 sendiri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 lewat jalur Piala Eropa U-19 2022. Skuad yang saat ini ditangani Ofir Haim tersebut memastikan tiket ke semifinal dan menjadi runner up Piala Eropa U-19 2022. Sehingga, mereka berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat