bdadinfo.com

Daftar Kota dan Kabupaten Termakmur di Sumatera Barat - News

Provinsi Sumatera Barat Tetap Jaya dengan Pertanian, Pariwisata dan Pendidikan Tanpa Memasuki Dunia Industrialisasi (                                )

- Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, namun ada juga kota-kota dan kabupaten-kabupaten yang termakmur di provinsi ini.

Berdasarkan data dari BPS Sumatera Barat tahun 2021, berikut adalah daftar kota dan kabupaten termakmur di Sumatera Barat, diukur dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita.

1. Kota Bukittinggi

Baca Juga: Sukses Antar Timnas Inggris ke Semifinal Euro 2024, Bukayo Saka Teringat Kegagalannya di Masa Lalu

Bukittinggi adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat yang terletak di rangkaian pegunungan Bukit Barisan, sekitar 90 km arah utara dari kota Padang.

Kota ini berada di tepi Ngarai Sianok dan dikelilingi oleh dua gunung besar, Gunung Singgalang dan Gunung Merapi.

Bukittinggi juga merupakan pusat perdagangan grosir terbesar di Pulau Sumatera, dengan pusat perdagangan utama di Pasar Ateh, Pasar Bawah, dan Pasar Lereng.

Baca Juga: Sumatera Barat Semakin Tertinggal! Pembangunan Tol di Aceh Digeber Habis-habisan, Sumut, Riau, dan Lampung Melaju Pesat Membangun Infrastruktur

Pariwisata Bukittinggi juga sangat menunjang perekonomian kota tersebut. Pada tahun 2021, PDRB Kota Bukittinggi mencapai Rp74.239.000, menjadikannya kota termakmur di Sumatera Barat.

2. Kota Padang

Kota Padang, sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera.

Dengan luas wilayah sekitar 693,6 km², lebih dari 60% dari luas kota Padang berupa perbukitan yang ditutupi hutan lindung.

Baca Juga: Fix! Fadly Amran Pilih Berpasangan dengan Maigus Nasir, Optimistis Tuntaskan Kompleksitas Masalah Kota Padang

Pada tahun 2021, Kota Padang memiliki jumlah penduduk sebanyak 909.940 jiwa. Sektor industri, perdagangan, dan jasa menjadi andalan kota ini dalam mendorong perekonomian masyarakatnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat