bdadinfo.com

Susah Cari Orang Miskin di Riau! Ini Deretan Kota dan Kabupaten Terkaya di Riau Pendapatannya Fantastis Hingga Jauh dari Kata Miskin - News

Memang, susah mencari orang miskin di Riau diketahui beberapa kota dan kabupaten terkaya di Riau, pendapatannya membanggakan provinsi, hingga jauh dari kata miskin

- Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pantai timur pulau Sumatra bagian tengah. Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka.

Hingga tahun 2004, provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau, sekelompok besar pulau-pulau kecil (pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah Timur Sumatra dan sebelah Selatan Singapura. Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004.

Ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau adalah Pekanbaru, dan kota besar lainnya setelah Pekanbaru adalah kota Dumai.

Baca Juga: HK Kalang Kabut Kehabisan Waktu! Sejumlah Jalan tol di Aceh dan Sumut Ditargetkan Rampung Sebelum 2024 Berakhir: Mampukah Tuntas Menyeluruh?

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat.

Tetapi, penebangan hutan yang merajalela telah mengurangi luas hutan secara signifikan, dari 78% pada 1982 menjadi hanya 33% pada 2005. Rata-rata 160.000 hektare hutan habis ditebang setiap tahun, meninggalkan 22%, atau 2,45 juta hektare pada tahun 2009.

Deforestasi dengan tujuan pembukaan kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas telah menyebabkan kabut asap yang sangat mengganggu di provinsi ini selama bertahun-tahun, dan menjalar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Provinsi ini memiliki sumber daya alam, baik kekayaan yang terkandung di perut bumi, berupa minyak bumi dan gas, serta emas, maupun hasil hutan dan perkebunannya.

Seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah, secara bertahap mulai diterapkan sistem bagi hasil atau perimbangan keuangan antara pusat dengan daerah.

Aturan baru ini memberi batasan tegas mengenai kewajiban penanam modal, pemanfaatan sumber daya, dan bagi hasil dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Jokowi Tancap Gas Kejar Pembangunan Mega Proyek IKN Mati-matian, Ternyata Jadi Kode Keras Sebagai Bentuk Ketidakpercayaan Kepada Pemerintahan Probowo

Memang, susah mencari orang miskin di Riau diketahui beberapa kota dan kabupaten terkaya di Riau, pendapatannya membanggakan provinsi, hingga jauh dari kata miskin

Berdasarkan data resmi dari Badan Pusat Statistik provinsi Riau daftar fakta unik telah merangkum dan mengulas urutan kabupaten kota terkaya di provinsi Riau sebagai berikut.

1. Kabupaten Kepulauan Meranti
Beribukota Selatpanjang dengan jumlah penduduk 206.16 jiwa persentase Penduduk miskin di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah 25,68%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat