bdadinfo.com

HK Kalang Kabut Kehabisan Waktu! Sejumlah Jalan tol di Aceh dan Sumut Ditargetkan Rampung Sebelum 2024 Berakhir: Mampukah Tuntas Menyeluruh? - News

HK Kalang Kabut Kehabisan Waktu! Sejumlah Jalan tol di Aceh dan Sumut Ditargetkan Rampung Sebelum 2024 Berakhir: Mampukah Tuntas Menyeluruh? (bpjt.pu.go.id)

Hutama Karya (HK) sedang kehabisan waktu karena sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang masih berjalan harus segera rampung di tahun 2024.

Dengan sisa 6 bulan lagi sebelum akhirnya tutup tahun, akankah PSN yang masih dalam tahap konstruksi tersebut termasuk di antaranya jalan tol di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) mampu tuntas 100 persen?

Target penyelesaian tersebut diberikan langsung oleh Kementerian PUPR kepada HK yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR saat Rapat Kerja Nasional Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terdesak Waktu! IKN Kedatangan Rombongan Menteri, Proyek-proyek Ini Dikebut Demi Persiapan Upacara HUT RI Agustus Mendatang Dapat Berjalan Sempurna

Dengan target yang diberikan tersebut, HK memastikan bahwa penyelesaian sejumlah PSN tersebut yang saat ini masih berjalan sudah sesuai dengan target.

Sekjen Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, mengatakan target penyelesaian PSN tersebut terbagi menjadi dua periode yakni semester pertama dan kedua.

Pada semester pertama, nantinya ada 10 (sepuluh) PSN yang akan diselesaikan.

Baca Juga: Dari 2018 hingga 2024, Sumbar Belum Juga Punya Jalan Tol! Bos HK Ungkap Biang Kerok Lambannya Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Akibat Kendala Ini

Pembangunan PSN tersebut telah dimulai setidaknya mulai tahun 2016.

Kemudian hingga tahun 2023 lalu, Kementerian PUPR diberi instruksi untuk melaksanakan pembangunan sebanyak 201 PSN.

Saat ini tersisa 116 PSN, dengan rincian 45 PSN sudah selesai dibangun dan 28 sisa lainnya akan selesa di tahun 2024 ini.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumbar Segera Masuk Babak Baru, Tol Sicincin – Bukittinggi Bisa Langsung Gaspol Asal… 

Lalu, sebanyak 43 PSN baru dapat selesai selesai setelah 2024.

PSN yang ditangani oleh HK sendiri beberapa di antaranya adalah Bendungan Way Apu, Bendungan Meninting, SPAM Benteng Kobema.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat