bdadinfo.com

Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar Jadi Tonggak Pembangunan Infrastruktur, Perekonomian dan Mobilitas di Riau Siap Bersaing dengan Wilayah Lain - News

Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar Jadi Tonggak Pembangunan Infrastruktur, Perekonomian dan Mobilitas di Riau Siap Bersaing dengan Wilayah Lain (bpjt.pu.go.id)

– Satu lagi jalan tol di Provinsi Riau akhirnya resmi beroperasi pada 31 Mei 2024 lalu.

Jalan tol ini hadir dengan membawa banyak harapan bagi warga Riau yang sudah 5 (lima) tahun menantikan realisasi jalan tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Seksi Bangkinang - XIII Koto Kampar.

Pasalnya, jalan tol baru ini digadang-gadang menjadi tonggak pembangunan yang ada di Riau.

Baca Juga: Warga Riau Bersukacita! Penantian Panjang 5 Tahun Jalan Tol yang Bolak-balik Dibuka Fungsional Sejak 2023 Akhirnya Resmi Beroperasi di 2024

Diharapkan nantinya pertumbuhan ekonomi dan mobilitas di Riau akan semakin melejit dan bersaing dengan provinsi lainnya di Sumatera.

Sebagai informasi, jalan tol sepanjang 24,7 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang dibangun sejak tahun 2019 hingga 2024 menggunakan anggaran sebesar Rp4,8 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam peresmian jalan tol tersebut di Gerbang Tol Koto Kampar tersebut menitipkan pesan kepada gubernur dan bupati di Riau terkait konektivitas baru itu.

Baca Juga: Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain 

Jalan tol Bangkinang – Koto Kampar didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif baik pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

Hal ini diharapkan akan membawa manfaatkan dan sisi positif terhadap perekonomian daerah.

Selain itu, mobilitas orang dan barang juga bisa lebih cepat dengan adanya jalan bebas hambatan sehingga bisa bersaing dengan daerah atau bahkan negara lain.

Baca Juga: Tol Kapalbetung Bakal Melintasi 3 Kabupaten Ini di Sumatera Selatan Jika Sudah Utuh Rampung, Wilayah Ini Siap Kecipratan Untung? 

Ruas tol ini memiliki manfaat untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dinilai mampu untuk meningkatkan ekonomi di Pekanbaru khususnya pada Kabupaten Kampar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat