bdadinfo.com

Walau Belum Punya Tol, Sumbar Ikut Kecipratan Untung dari Jalan Bebas Hambatan di Riau: Pelancong Jadikan Sumatera Barat Destinasi Wisata Favorit  - News

Walau Belum Punya Tol, Sumbar Ikut Kecipratan Untung dari Jalan Bebas Hambatan di Riau: Pelancong Jadikan Sumatera Barat Destinasi Wisata Favorit  (bpjt.pu.go.id)

Jalan tol menjadi salah satu infrastruktur yang penting dan kini tengah digalakkan pembangunannya oleh pemerintah.

Salah satu provinsi di Sumatera yang bergerak cepat dalam pembangunan jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah Provinsi Riau.

Dengan terselesaikannya sejumlah jalan bebas hambatan di provinsi tersebut, provinsi tetangga, Sumatera Barat (Sumbar) juga ikut kecipratan untung.

Baca Juga: Jalan Tol Baru di Sumut Ini Terkoneksi dengan Tol Kutepat, Pelancong yang datang dari Arah Bandara Sumatera Utara Ikut Kecipratan Untung: Kok Bisa?

Padahal di provinsi tersebut belum ada satu pun jalan tol yang berhasil diselesaikan.

Usut punya usut, rupanya karena banyak warga Riau yang menjadikan Sumbar sebagai destinasi wisata favoritnya.

Tak heran jika para pelancong meninggalkan Riau dan memanfaatkan akses jalan tol untuk berpergian ke Sumbar pada saat akhir pekan atau pada musim libur panjang.

Baca Juga: Berwisata di Riau Makin Mudah dengan Tol Bangkinang-Koto Kampar, Pelancong Bisa Wisata Kuliner dan Alam Pakai Tol Ini: Kapan Beroperasi Penuh? 

Tidak heran pada masa libur panjang akhir pekan yang terjadi pada 8-12 Mei 2024 lalu dalam rangka memperingati Kenaikan Yesus Kristus, sejumlah pengguna jalan tol langsung menyerbu dua ruas jalan tol di Riau ini.

Kedua jalan bebas hambatan yang dimaksud adalah tol Pekanbaru – Dumai (Permai) dan tol Pekanbaru – Bangkinang (Penang).

Kedua jalan tol ini berhasil mencatatkan setidaknya ada ratusan ribu lebih kendaraan berpergian dengan menggunakan jalan tol.

Baca Juga: Dari Wisata Alam hingga Kuliner Bisa Dijajal Lewat Jalan Tol di Sumatera Utara Ini, Berjarak 15 Menit dari GT Lima Puluh dan 10 Menit dari GT Kisaran 

Pasalnya, dengan kehadiran jalan tol waktu tempuh dan jarak tempuh bisa terpangkas.

Hal ini karena sebelum adanya jalan tol, masyarakat sekitar hanya bisa ke luar kota menggunakan jalan nasional yang cenderung lebih panjang dan kerap dilanda kemacetan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat