bdadinfo.com

Perdagangan jadi Sektor Pendorong Indonesia Negara Maju 2045, Mendag Rangkul Pemuda Perkuat Sektor Perdagangan - News

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat acara Baitul Arqam Paripurna Pemuda Muhammadiyah 2024 di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) Medan, Sumatra Utara.

- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak seluruh pemuda untuk berkontribusi dan memperkuat sektor perdagangan.

Zulkifli mengatakan kalau sektor perdagangan bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi demi mewujudkan Indonesia Maju Tahun 2045.

"Perdagangan akan menjadi sektor pendorong untuk Indonesia jadi negara maju pada 2045. Perdagangan ke luar negeri kita gerakkan ekspor dan di dalam negeri kita benahi serta lindungi," jelasnya.

Baca Juga: Bupati Pesisir Selatan Buka Tournamen Sepak Bola Painan FC Cup I

Dilansir dari kemendag.go.id, pada 3 Juli 2024, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah mempersiapkan sejumlah kebijakan agar tujuan dan cita-cita tersebut dapat tercapai.

Zulkifli menyampaikan bahwa Indonesia memiliki berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk perdagangan, namun harus diiringi dengan semangat persatuan dan kerja sama masyarakat Indonesia.

Ia juga menilai kalau semua sumber daya yang dimiliki Indonesia tidak ada akan berguna jika para pemudanya serta bangsa Indonesia mudah dipecah belah.

Baca Juga: BRI Raih Most Innovative Tech dari Finance Asia, Membuktikan BRImo Semakin Unggul!

"Kita memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa namun tetap kata kuncinya yaitu kerja sama dan bersatu untuk saling mendukung sehingga cita-cita Indonesia maju bisa tercapai," tambahnya.

Guna mewujudkan Indonesia 2045, Kemendag melakukan langkah-langkah untuk memperkuat perdagangan Indonesia yaitu melalui diplomasi perdagangan.

Hal ini dilakukan agar hambatan dengan negara mitra secepatnya diselesaikan, sehingga bisa memperluas ekspor ke pasar non tradisional selain mempertahankan pasar tradisional.

Baca Juga: Sedang Butuh Pemain Baru, Barcelona Kini Mengincar 2 Pemain Muda Berbakat dari Inggris

"Indonesia jangan hanya bergantung pada ekspor tujuan pasar tradisional saja, juga harus memperluas pasar non tradisionalnya. Harus mengikuti perkembangan terbaru pasar potensial di ASEAN," kata Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli menyampaikan bahwa perdagangan dalam negeri memerlukan perbaikan yang signifikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat