bdadinfo.com

Jakarta Tinggal Nama! Jokowi Pindahkan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 Bukan Digelar di Jakarta Tapi IKN - News

Sekarang masa transisi menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara maka Upacara Kemerdekaan RI Ke 79 akan dilakukan di dua tempat yaitu di IKN Nusantara dan di Istana Negara Jakarta.

 - Kesiapan sarana dan prasarana IKN untuk Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. Demikian dikatakan Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono.

Dirinya, menyebut kementeriannya bertanggung jawab memastikan kesiapan prasarana IKN untuk acara tersebut.

Dia pun memastikan jalan tol di IKN akan dapat digunakan pada Agustus 2024. Ia juga mengebut pembangunan hunian untuk petugas upacara dan para tamu undangan.

Baca Juga: Aceh Dikejar Target Penyelesaian! Pengerjaan Renovasi Venue PON XXI 2024 Jatuh Pertengahan Juli 2024, Aman Terkendalikah Progresnya?

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengatakan bahwa, sekarang masa transisi menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara maka Upacara Kemerdekaan RI Ke 79 akan dilakukan di dua tempat yaitu di IKN Nusantara dan di Istana Negara Jakarta.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan jika sudah ada keputusan dari Presiden yang baru, upacara akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga: Manfaatkan Lahan Kosong, Dinas Koperasi UKM Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang

“Nah, tahun depan kalau sudah ada keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi transportasi, akomodasi itu tidak mudah, ya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkap skema perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus yang akan digelar di Istana Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Muhadjir menyebutkan upacara di IKN akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

“Sebagian di IKN sebagian di sini, Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin) di sini,” kata Muhadjir kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo optimistis penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dapat digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Presiden kepada awak media di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 17 Januari 2024, usai melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur.

“Saya optimistis insyaallah di 17 Agustus 2024 kita akan bisa melakukan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat