bdadinfo.com

Mohon Doa Restunya, Riau Menuju Abad Kejayaan! Bangun Jembatan Terpanjang di Indonesia Hubungkan Bengkalis-Pulau Sumatera - News

 Rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau Bengkalis dan Sumatera terus menggema dan kini mendapat dukungan dan respon positif dari lapisan masyarakat Bengkalis. Terlebih, Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Bupati Bengkalis Kasmarani sudah melaksanakan penandatanganan kesepakatan

HARAIANHALUAN.COM - Untuk memastikan agenda pembangunan daerah khususnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2025-2029 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyampaikan program strategis daerah dan isu strategis Kabupaten Bengkalis ke Bappenas.

Kepala Bappeda Bengkalis, Rinto menyebutkan bahwa upaya ini dilakukan untuk menyinkronkan sekaligus mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat melalui Bappenas agar apa yang direncanakan di daerah sejalan dengan pembangunan nasional khususnya di periodisasi 2025-2029.

"Harapan kita program-program yang dilakukan di Kabupaten Bengkalis bisa sejalan dan mendapat dukungan pembiayaan melalui APBN,” ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Layanan Kepada Nasabah, BRI Rilis Kebijakan Baru Terkait Rekening Pasif

Beliau menjelaskan, beberapa proyek strategis daerah dan isu strategis daerah yang dipaparkan antara lain pembangunan jembatan penghubung Pulau Sumatera-Pulau Bengkalis.

Kemudian Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Pulau Rupat, Kawasan Industri Buruk Bakul di Kecamatan Bukit Batu.

Selanjutnya konektifitas antar wilayah, antar daerah dan antar pulau, baik roro Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera yaitu Pakning-Bengkalis maupun roro Dumai-Pulau Rupat.

Baca Juga: Norma-Norma di Indonesia, Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 7 Halaman 97-100 Uji Kompetensi Bab 3 Kurikulum Merdeka

"Kemudian aksesibilitas infrastruktur dari Tanjung Kapal ke Tanjung Medang untuk mendukung KSPN termasuk rencana untuk memungkinkan mengalihkan fungsi KSPN menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Nasional,” katanya.

Selain itu juga usulan terkait rencana pembangunan Politeknik di Duri, dan kemudian yang paling penting adalah berkaitan dengan agenda besar nasional di Pulau Rupat.

Dimana sesuai dengan tema pembangunan jangka panjang Nasional bahwa Riau akan menjadi interkoneksi ekonomi Sumatera Asia yang menghubungkan Dumai-Rupat dan Malaka.

Baca Juga: Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam Sumatera Bagian Tengah Kunjungi Bank Nagari Cabang Syariah Padang

“Agenda inter koneksi Dumai-Rupat-Malaka ini merupakan agenda besar nasional yang nanti akan berdampak besar terhadap pembangunan kawasan dan pembangunan ekonomi secara umum di Pulau Rupat,” jelas Rinto.

Rinto mengatakan bahwa langkah-langkah yang disampaikan kepada Bappenas, akan diawali menyelesaikan koneksi Trans Sumatera, setelah itu Trans Sumatera akan dihubungkan melalui tol Pekanbaru-Dumai.

Kemudian diteruskan ke Rupat. Dan di Rupat akan dibangun high way dari Rupat Selatan ke Rupat Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat