bdadinfo.com

Pelembang Pamer! Penampakan Kemegahan 3 Pintu Gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Tol Penghubung Antar provinsi di Jantung Sumatera - News

Jalan Tol Rengat–Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru–Bypass Pekanbaru ini merupakan tol penghubung antar provinsi di jantung Sumatera, yakni Riau, Sumbar dan Jambi.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol RengatPekanbaru adalah Jalan Tol yang menghubungkan antara Kota Pekanbaru dan Kota Rengat.

Sebelumnya, tim konsultan sedang bekerja dilapangan untuk menentukan trasenya. Tim konsultan ini lah yang melakukan sirvei dan kajian, kemana Jalan Tol Pekanbaru-Rengat ke Jambi ini akan melintas.

"Mereka (tim konsultan) yang mengkaji tol itu nanti pilihan lewat mana, itulah tim konsultan yang menetapkannya, sekarang mereka sedang bekerja di lapangan," kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK) Muhammad Zulfan akhir pekan lalu.

Baca Juga: Asyik! Hanya 1 Jam Jarak Tempuh Padang-Bukittinggi, Jalan Tol Pekanbaru-Padang Selesai dan Fungsional pada Juli 2024 Telan Uang Rp9,729 Triliun

Hutama Karya (HK) kini tengah fokus mengerjakan penyelesaian salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II yakni Jalan Tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru. Designnya juga sudah dibagikan oleh pihak HK.

Untuk diketahui, jalan Tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru ini akan dibangun sepanjang 30,57 km.

Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa Jalan Tol Rengat–Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru–Bypass Pekanbaru ini merupakan tol penghubung antar provinsi di jantung Sumatera, yakni Riau, Sumbar dan Jambi.

"Untuk membangun Jalan Tol Rengat-Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru ini, kami telah melakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) pada Desember 2023," kata Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi Ibnu Kurniawan mengungkapkan rencana kelanjutan pembangunan jalan tol Jambi yakni dari Tempino-Simpang Ness-Merlung hingga batas Rengat, Provinsi Riau segera dimulai pada 2024.

Pembangunan Jambi-Rengat ini memiliki total panjang 198 km, dengan sebagian besar, yaitu 116,5 km berada di Provinsi Jambi, sementara sisanya berada di wilayah pembangunan Riau.

"Jalan Tol Jambi-Rengat diharapkan memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan konektivitas dan pengembangan wilayah di kedua provinsi," sebutnya.

Baca Juga: Juara Bertahan Italia Ditaklukkan Swiss di 16 Besar, Luciano Spalletti Ungkapkan Penyebabnya

Setelah membangun simpang susun terumit di Tanjung Mulia di Medan, PT Hutama Karya (HK) (Persero) kembali akan menggarap dua proyek junction, yakni Tol ruas Rengat-Pekanbaru seksi Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru sepanjang 30,57 km.

Untuk diketahui, ini merupakan bagian dari ruas pembangunan Tahap II, dan Junction Palembang sepanjang 8,25 km dengan enam ramp konstruksi dari total 10 ramp.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan, nantinya kedua junction atau persimpangan jalan ini akan menghubungkan sejumlah ruas di dua provinsi seperti Riau, dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat