bdadinfo.com

Ternyata Presiden ke-3 Indonesia Dalang Dibalik Pembangunan Jembatan di Batam Mirip Golden Gate di California Penghubung 6 Pulau Habiskan Rp400 Miliar - News

Selaku Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Otorita Batam (BOB), Pak BJ Habibie menyiapkan infrastruktur Batam dan menargetkan Batam agar dapat tumbuh menjadi kota yang padat akan kegiatan industri seperti negara tetangga, Singapura.

- Pembangunan mega proyek Jembatan Barelang atau singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang adalah sekumpulan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Jembatan yang digagas oleh BJ Habibie ini dibangun dengan menelan dana fantastis, yaitu mencapai Rp400 miliar.

Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang". Ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie" sebagai bentuk penghargaan atas jasa beliau dalam mengembangkan pulau Batam sebagai pulau industri serta mempelopori pembangunan jembatan ini.

Baca Juga: Berjayalah Indonesiaku! Bakal Secepatnya Dimulai Konstruksi Proyek Perusahaan Tekstil Asal China, Pabrik Dumping Terbaru dan Perdana Demi Produk Alami

Jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam yang populer, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Riau. Jembatan ini menjadi salah satu tujuan utama dalam berwisata di Pulau Batam.

Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri.

Dibangun guna memperluas wilayah kerja Otorita Batam, jembatan ini telah menyedot anggaran sebesar Rp400 Miliar selama enam tahun (1992 – 1998) pembangunannya.

Baca Juga: Andre Rosiade: Hendri Septa-Hidayat Pasangan yang Tepat Pimpin Padang

Enam buah jembatan ini telah menghubungkan jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

BJ Habibie yang merupakan Presiden ke 3 RI, telah dikenal sebagai sosok yang sangat ahli dalam bidang teknologi pesawat terbang.

Namun, ternyata BJ Habibie tidak hanya ahli dalam bidang teknologi pesawat terbang, namun juga di bidang infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Dampak dari Server PDN Jebol Berlanjut, Data 800 Ribu Calon Mahasiswa Penerima KIP-Kuliah Hilang

Salah satu jembatan yang ada di Batam, Kepulauan Riau ternyata merupakan hasil gagasan dari Presiden ke 3 RI, BJ Habibie.

Nama jembatan di Batam yang merupakan hasil gagasan dari BJ Habibie ini adalah Jembatan Barelang.

BJ Habibie ternyata adalah sosok dibalik pembangunan Jembatan Barelang Barelang yang ada di Batam, Kepulauan Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat