bdadinfo.com

Presiden Ke-5 RI Jadi Biang Kerok Dibalik Sumatera Barat Pecah! Kota Ini Cuma Miliki 3 Kecamatan Diresmikan Merdeka Demi Singgasana Baru - News

Kota Pariaman diresmikan sebagai kota otonom oleh Menteri Dalam Negeri, Hari Sabarno pada tanggal 2 Juli 2002 berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2002 tentang pembentukan kota Pariaman di Provinsi Sumatera Barat.

- Pemekaran di Sumatera Barat di salah satu daerah menjadi kota otonom di Sumbar dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2002.

Undang-undang ini disahkan oleh presiden kelima Republik Indonesia, yaitu Megawati Soekarnoputri pada tanggal 10 April 2002.

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang merupakan bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Warisan Leluhur! Syarat Wajib Perempuan NTT, Belum Boleh Menikah Jika Belum Bisa Membuat Kain Tenun

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Sumatera barat jika dilihat dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Baca Juga: Nissan Pamerkan Model Serena C28 E-Power di Pameran Otomotif GIIAS 2024, Senggol Zenix Hybrid

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Ternyata, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tercatat telah beberapa kali melakukan pemekaran wilayah.

Baca Juga: Balapan Utama MotoGP Belanda 2024: Ducati Lenovo Team Sukses Tempatkan Kedua Pembalapnya di Podium

Dari hasil pemekaran wilayah, daerah seluas 73,36 km² resmi terbentuk di Provinsi Sumatera Barat.

Daerah tersebut asalnya merupakan bagian dari wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat