bdadinfo.com

Jalan Tol Sumatera Selatan Batal Gunting Pita! Target Selesai Juni Melompat ke Bulan Agustus 2024, Seksi 3 Tol Baleno Masih Terkendala Lahan - News

Sementara itu, jalan Tol Baleno Seksi 3 yang seharusnya selesai pada 30 Juni 2024, diperpanjang waktu penyelesaiannya selama dua bulan menjadi 31 Agustus 2024.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan yakni 169,9 km.

Jalan Tol ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Baca Juga: Arti dari Bhinneka Tunggal Ika, Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 7 Halaman 137-139 Uji Kompetensi Bab 4 Kurikulum Merdeka

Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino saat ini telah mencapai 29,12% ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 Km.

Pembangunan Jalan Tol Bayung-Lencir Tempino (Baleno) Seksi 1 dan 2 di wilayah Sumatera Selatan memasuki tahap akhir dengan progres fisik mencapai lebih dari 90 persen pada pekan terakhir bulan Juni 2024.

Baca Juga: Milad ke-107 Aisyiyah, Gubernur Sumbar Minta Kolaborasi Pemerintah-Ormas Terus Dikembangkan

Jalan tol sepanjang 15,4 km yang dibagi dalam tiga seksi itu kini telah tersambung dan ditargetkan rampung pada bulan September 2024.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Provinsi Sumatera Selatan, Wandi Saputra, mengungkapkan, pembangunan jalan tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 telah mencapai 94,82 persen.

Pembangunan fisik pada Seksi I diakui Wandi sempat terkendala masalah lahan, namun pada tanggal 2 April 2024 seluruh lahan telah dibebaskan.

“Untuk Seksi I sebelumnya memang ditargetkan selesai 30 Juni 2024, tapi karena ada permasalahan lahan diajukan penambahan waktu. Kami telah mendapatkan persetujuan penambahan waktu selama 92 hari kelander dan akan selesai pada tanggal 30 September 2024,” ujar Wandi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat