bdadinfo.com

Dulu Lampung-Palembang 12 Jam Perjalanan Campur Muntah Berkali-kali, Sekarang Via Jalan Tol Trans Sumatera Cuma 3,5 Jam Saja - News

Via Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Palembang hanya ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja sehingga dapat membantu pemudik

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera adalah jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia yang direncanakan menghubungkan kota-kota di pulau Sumatra, dari Lampung hingga Aceh.

Jalan Tol ini adalah jalur nadinya Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra dan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Merak.

Pada 20 Februari 2012, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengadakan pertemuan dengan para gubernur se-Sumatra di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan.

Baca Juga: Pj Wali Kota Pariaman Hadiri HUT Bhayangkara ke-78

Pertemuan ini membahas percepatan pembangunan jalan tol di Sumatra. Dalam pertemuan tersebut juga hadir Deputi Kementerian BUMN bidang Infrastruktur Sumaryanto, Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Abdul Hadi.

Dikarenakan secara ekonomi pembangunan jalan tol di Sumatra masih terlalu berat, serta kurang diminati investor.

Maka awalnya disepakati untuk membangun perusahaan patungan antara Jasa Marga dan setiap pemda di Sumatra.

Baca Juga: Pj Wali Kota Pariaman Hadiri HUT Bhayangkara ke-78

Pembagian tugasnya adalah Pemda membebaskan tanah dan mencadangkan sejumlah kawasan di sepanjang jalan tol untuk sebuah proyek bisnis pada masa depan yang akan kelak dikelola bersama.

Masyarakat pengguna Jalan Tol memanfaatkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk merayakan momentum mudik lebaran ke berbagai wilayah yang ditempuh mulai dari Lampung hingga ke Palembang serta beberapa wilayah lainnya di Pulau Sumatera dengan menggunakan Jalan Tol yang sudah beroperasi maupun di fungsionalkan hanya untuk dukungan kelancaran lalu lintas lebaran.

Sebelum adanya Jalan Tol ketika masyarakat ingin melakukan perjalanan dari Lampung ke Palembang butuh waktu 12 Jam lamanya di perjalanan menggunakan jalan lintas sumatera.

Baca Juga: Pemerintah Pertahankan Tarif Listrik Triwulan III Tidak Berubah, PLN Pastikan Jaga Mutu Pelayanan

Namun saat ini perjalanan dari Lampung hingga Palembang hanya ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja sehingga dapat membantu pemudik dengan mudah dan semakin cepat menuju kampung halaman ke Palembang dan sekitarnya.

"Kehadiran Jalan Tol ini tentunya sangat bermanfaat apalagi di masa seperti mudik Lebaran ini. Dengan adanya JTTS perjalanan menuju lokasi dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya dapat semakin cepat juga menghemat waktu dibandingkan dengan melewati jalan arteri," ujar salah seorang pemudik yang melintas di Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat