bdadinfo.com

Tadinya Memakan Waktu 1,5 Jam, Berkat Tol Penghubung Riau - Sumbar Ini Pekanbaru ke Bangkinang Enggak Lebih dari 30 Menit: Sudah Tuntas?  - News

Tadinya Memakan Waktu 1,5 Jam, Berkat Tol Penghubung Riau - Sumbar Ini Pekanbaru ke Bangkinang Enggak Lebih dari 30 Menit: Sudah Tuntas? (mediacenter.riau.go.id)

– Kehadiran jalan tol tentu memberikan dampak positif dari pemangkasan waktu perjalanan.

Dengan adanya jalan tol, perjalanan darat menjadi lebih cepat. Salah satunya adalah perjalanan dari Pekanbaru ke Bangkinang yang tadinya membutuhkan waktu 1,5 jam.

Berkat tol yang menghubungkan Riau mendekati Sumbar ini, perjalanan menjadi kian singkat yakni tak lebih dari 30 menit.

Baca Juga: Waduh! Dirjen Bina Marga Surati Gubernur Sumbar Perihal Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik, Ada Urgensi Apa? 

Saat ini progres pembangunan jalan tol di sejumlah ruas tol baik sirip atau feedernya yang berada di Riau dan Sumbar tampak signifikan.

Salah satu manfaat paling nyata yang bisa dirasakan masyarakat sekitar adalah terpangkasnya waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi 30 menit dengan menggunakan jalan tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km.

Per 15 Desember 2023 lalu, progres konstruksi dan pengadaan lahan jalan tol Pekanbaru – Bangkinang (STA 0-9 Km) sudah mencapai 100 persen.

Baca Juga: Tak Seperti Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, Warga Sumbar Full Support Soal Konstruksi Flyover Sitinjau Lauik karena Alasan Ini 

Jalan tol ini juga telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada awal tahun 2023.

Kendati demikian, pengerjaan sepanjang 9 km masih tersisa.

Pengerjaan tersebut akan segera dilakukan oleh Provisional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Pertama karena telah rampung secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Ruas JTTS Ditargetkan Beroperasi Tahun 2024, Tol di Sumatera Barat dan Riau Bawa 2 Ruas: Sama-sama Signifikan, Sudah Sampai Mana Progresnya? 

Selain jalan tol Pekanbaru – Bangkinang, Riau dan Sumbar semakin dekat juga berkat adanya tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I Bangkinang – Koto Kampar sepanjang 24,7 km.

Tol tersebut pengerjaan konstruksinya sudah mencapai 94,18 persen dengan progress pengadaan lahan sebesar 99,08 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat