bdadinfo.com

Riau Full Support Bangun Tol Padang - Pekanbaru Seksi 4 Pangkalan - Payakumbuh, Sudahkah Sumatera Barat Ikut Bergerak?  - News

Riau Full Support Bangun Tol Padang - Pekanbaru Seksi 4 Pangkalan - Payakumbuh, Sumatera Barat Sudah Bergerak?  (bpjt.pu.go.id)

– Dengan menyisakan sedikit pekerjaan untuk menyelesaikan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I Bangkinang - Koto Kampar, Riau kini memberikan dukungan penuh untuk keberlanjutan pembangunan tol Padang - Pekanbaru seksi lainnya.

Seksi yang dimaksud adalah Seksi 4 Pangkalan-Payakumbuh di mana nantinya hanya akan menggilas sedikit wilayah Riau.

Jika Riau menunjukkan full support demi pembangunan jalan tol yang sebagian besar lintasannya ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) lalu bagaimanakah dengan sikap Pemerintah Provinsi Sumbar?

Baca Juga: 2024 Pecahkan Rekor Mudik Tertinggi Sepanjang Sejarah Indonesia, Sosok Berambut Putih Ini Punya Andil Besar: Pernah Bolak-balik ke Sumbar Pantau PSN

Diketahui saat ini progres konstruksi untuk satu tol yang nyaris tuntas di Riau sudah mencapai 90 persen.

Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I Bangkinang-Koto Kampar ini ditargetkan Hutama Karya untuk bisa fungsional pada April.

Pasalnya pada bulan tersebut bertepatan dengan momen mudik lebaran 2024 di mana kehadiran akses jalan tol baru pasti akan memberikan alternatif yang positif bagi para pemudik.

Baca Juga: JTTS Jadi Primadona Warga Sumatera Selama Musim Mudik, 7 Ruas Ini Paling Padat: Alami Peningkatan Volume Kendaraan Fantastis hingga Ratusan Persen

Harapannya, jika ruas tersebut telah selesai sepenuhnya maka pembangunan jalan tol akan dilanjutkan ke arah Sumbar.

Untuk diketahui, ruas tol Bangkinang-Koto Kampar ini akan tersambung hingga ruas tol Pangkalan-Payakumbuh.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan, lahan yang berada di wilayah Riau berada di Kabupaten Kampar, panjangnya mencapai 10 km.

Baca Juga: Asyik! 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Diperpanjang Fungsionalnya Usai Momen Mudik Lebaran 2024 karena Alasan Ini: Ruas Manakah yang Dimaksud?

Sementara itu, untuk sisa panjang lintasannya ada di wilayah Sumbar.

Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang diketahui baru mencapai Tanjung Alai, XIII Koto Kampar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat