bdadinfo.com

Update Pembangunan Tol Pekanbaru Rengat, Seksi 1 dan 2 Masuk Tahap Pengadaan Lahan dan Dilanjutkan dengan…  - News

Update Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat, Seksi 1 dan 2 Masuk Tahap Pengadaan Lahan dan Dilanjutkan dengan…  (bpjt.pu.go.id)

– Perjalanan pembangunan infrastruktur di Riau memang tak hanya berfokus pada satu ruas tol saja.

Hal ini karena Riau memang memiliki mega proyek jalan tol lebih dari satu, kendati tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 Bangkinang-Koto Kampar sudah nyaris selesai, Riau masih harus berkutat dengan pembangunan tol lainnya.

Tol yang dimaksud tersebut adalah ruas Pekanbaru Rengat. Di mana saat ini untuk Seksi 1 dan 2 sudah masuk ke tahap pengadaan lahan.

Baca Juga: Konstruksi Jalan Tol Padang Pekanbaru Ada yang Lagi Kebut-kebutan di 2024, Ditargetkan Rampung dengan Selisih 3 Bulan: Duluan Sumbar atau Riau?

Untuk diketahui, pembangunan tol Pekanbaru-Padang dari sisi Riau memang sudah dikenal signifikan.

Kendati demikian, tol tersebut masih belum juga diresmikan karena belum 100 persen tuntas.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan rapat bersama dengan pihak pengelola jalan dalam pembahasan pembebasan lahan yang berada di wilayah Kabupaten Kampar, Riau.

Baca Juga: Bukan Angan-angan Belaka! Warga Riau Bisa Mudik Lebaran Gratis Lewat Tol Bangkinang – Koto Kampar, Mulai Fungsional 5 April 2024

Rencananya bahwa pembangunan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar ini ruasnya akan terus menyambung hingga ke ruas tol Pangkalan-Payakumbuh di Sumatera Barat.

Untuk panjang lahan yang berada di Riau tepatnya berada di Kabupaten Kampar dengan panjang ruas jalannya mencapai 10 km.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan bahwa sosialisasi harus dilakukan untuk masalah pembebasan lahannya.

Baca Juga: Demi Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 Fungsional April 2024, Pembebasan Lahan di Kabupaten Koto Kampar Dipercepat Riau

“Untuk kelanjutan pembangunan tol Pekanbaru-Padang, ada pengadaan lahan untuk tol Payakumbuh, namun masuk wilayah Riau. Ada sekitar 10 km yang masuk ke Riau, dan kita diminta sosialisasi lahan yang akan dibebaskan di Kampar,” ujar Kadis PUPR PKPP M Arif Setiawan.

Progres pembangunan tol Pekanbaru-Padang saat ini pun baru menyentuh Tanjung Alai, XIII Koto Kampar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat