bdadinfo.com

Membangun Negeri dari Ujung ke Ujung! PT Hutama Karya Berambisi Menyambungkan Jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Medan di Era Prabowo-Gibran, Kebut 2029 - News

 Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

- PT Hutama Karya (Persero), perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, kini sedang mengakselerasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan target yang ambisius.

Saat ini, proyek telah menyelesaikan sepanjang 800 km dari total 2.854 km yang direncanakan.

Direktur Utama PT Hutama Karya, Budi Harto, mengungkapkan optimisme terhadap percepatan pembangunan infrastruktur di bawah pemerintahan baru Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Wisatawan Asal Malaysia Banyak yang Terjebak Keindahan Sumatera Barat di Tengah Fenomena Penurunan Kunjungan ke Tanah Minangkabau, Turun hingga 20,24%

Fokus utamanya adalah untuk memastikan bahwa jaringan jalan tol di Indonesia dapat segera tersambung dengan lancar.

Salah satu targetnya adalah menjadikan Jalan Tol Bakauheni di Lampung hingga Medan tersambung pada tahun 2029.

"Sampai Medan dulu insyaallah 2029 nyambung. Dari Bakauheni sampai Medan. Mudah-mudahan nanti pemerintahan baru concern," ujar Budi Harto dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Baca Juga: Menteri PMK: PTN-BH Harus 'Cari Uang' Bukan 'Buang Uang' hingga Usul Kenaikan Biaya UKT Diterapkan untuk Mahasiswa Ini Saja

Saat ini, proyek yang tengah berjalan adalah pembangunan ruas Betung hingga Jambi. Setelah ruas ini selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungkan Jambi ke Pekanbaru pada tahun 2025 mendatang.

"Yang belum dikerjakan itu dari Jambi ke Pekanbaru dan dari Dumai ke Kisaran. Kalau dua ruas itu dikerjakan, dari Bakauheni sampai Medan sudah nyambung," tambah Budi Harto.

Berdasarkan kajian yang dilakukan bersama konsultan eksternal, pembangunan ruas jalan tol Palembang-Betung dinilai layak secara ekonomi.

Baca Juga: Sukses Atasi Austria di 16 Besar, Pelatih Turki Vincenzo Montella Beri Pujian ke Para Pemainnya

Proyek ini diharapkan memberikan dampak multiplier efek yang signifikan, seperti menurunkan biaya logistik, meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sekitar jalan tol.

Proyek ini juga mengemban harapan untuk mendukung peningkatan pendapatan daerah yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat