bdadinfo.com

Sumbar Bukan Satu-satunya! Riau Juga Punya Jalan Tol Dilengkapi Terowongan, tapi Bukan untuk Dilintasi Mobil, Kok Gitu?  - News

Riau Juga Punya Jalan Tol Dilengkapi Terowongan, tapi Bukan untuk Dilintasi Mobil (mediacenter.riau.go.id)

– Sumatera Barat (Sumbar) akan memiliki jalan tol dengan dilengkapi terowongan.

Infrastruktur megah tersebut rencananya ada pada tol Padang-Pekanbaru Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan.

Namun selain Sumbar, rupanya Riau juga memiliki terowongan pada jalan tolnya.Menariknya terowongan tersebut bukan untuk dilintasi mobil.

Baca Juga: Bye-bye Macet! Dibangun dari Arah Bangkinang, Rencana Pembangunan Flyover Simpang Panam Riau Akan Gilas Ratusan… 

Terowongan tol yang akan dibangun di Sumbar bakal menjadi terowongan tol terpanjang yang ada di Indonesia.

Kehadirannya bakal mengalahkan panjang dari terowongan kembar yang ada di tol Cisumdawu.

Untuk itu warga Sumbar sudah tidak sabar menantikan jalan tol yang dilengkapi dengan terowongan tersebut agar bisa segera terwujud.

Baca Juga: Demi Urai Kemacetan di Persimpangan Panam, Riau Akhirnya Bangun Flyover Simpang Panam: Puluhan Miliar Meluncur untuk Ganti Rugi Lahan 

Kendati demikian, Sumbar saat ini masih berfokus pada penyelesaian tol Padang Sicincin pada Seksi 1.

Tol tersebut ditargetkan bakal rampung pada Juli 2024, sehingga warga Sumbar berharap agar pemerintah Sumbar bakal segera melanjutkan konstruksi pada seksi lainnya setelah Seksi 1 tersebut selesai.

Sementara itu di Riau, terowongan yang diperuntukan bukan untuk dilewati mobil tersebut terdapat pada Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 4.

Baca Juga: Hitung-hitungan Lahan yang Tergilas Pembangunan Flyover Simpang Panam Riau, Segini Dana yang Dialokasikan Pemerintah Demi Pembebasan Lahan 

Jalan tol pertama di Riau ini dilengkapi empat terowongan untuk perlintasan satwa, karena  bersinggungan dengan kawasan suaka margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai memiliki 5 buah terowongan perlintasan satwa untuk pergerakan gajah dan beruang yang ada di habitatnya, terutama pada Seksi 4 ruas Kandis Utara - Duri Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat