bdadinfo.com

Warga Riau Bersukacita! Penantian Panjang 5 Tahun Jalan Tol yang Bolak-balik Dibuka Fungsional Sejak 2023 Akhirnya Resmi Beroperasi di 2024 - News

Warga Riau Bersukacita! Penantian Panjang 5 Tahun Jalan Tol yang Bolak-balik Dibuka Fungsional Sejak 2023 Akhirnya Resmi Beroperasi di 2024 (mediacenter.riau.go.id)

– Penantian panjang warga Riau atas mega proyek jalan tol Pekanbaru – Padang ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – Koto Kampar diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Jalan tol yang dibangun sepanjang 24,7 km adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan sudah mulai digarap pada 2019 silam dan diresmikan pada 31 Mei 2024.

Dengan anggaran sebesar Rp4,8 triliun akhirnya konektivitas baru tersebut semakin mendekatkan Riau dan Sumbar.

Baca Juga: Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain 

Jalan tol Bangkinang – Koto Kampar ini dibangun demi menyambungkan kawasan produktif di Provinsi Riau dan sekitarnya.

Misalnya seperti untuk kawasan pertanian, perkebunan, hingga pariwisata yang akan berdampak pada perekonomian daerah.

Dengan hadirnya jalan bebas hambatan di suatu wilayah, maka mobilitas orang dan barang pun akan semakin efisien sehingga Indonesia semakin bisa unjuk gigi dengan negara lain.

Baca Juga: Tol Kapalbetung Bakal Melintasi 3 Kabupaten Ini di Sumatera Selatan Jika Sudah Utuh Rampung, Wilayah Ini Siap Kecipratan Untung? 

Dengan beresnya satu lagi jalan tol di Riau ini, warga pun terlihat memiliki antusias tinggi terhadap tol Bangkinang – Koto Kampar ini.

Warga berharap bahwa dengan adanya jalan tol, waktu tempuh dapat dipercepat dan juga mampu mengurai kemacetan di jalan raya yang selama ini sering terjadi.

Seperti seorang warga Tanjung Alai Kampar, Fidi Pratama (31), mengungkapkan kebahagiannya lantaran ruas tol tersebut saat ini secara resmi sudah bisa digunakan sehingga dapat memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat.

Baca Juga: Bukti JTTS Layak Dipercepat Pembangunannya! Jalan Tol di Riau Ini Jadi Ruas dengan Jumlah Kendaraan Paling Banyak Melintas: Tol Terpeka Kalah?

"Kami sangat senang dengan adanya tol baru ini. Semoga dengan tol ini, aktivitas ekonomi di sekitar jalur tol dapat meningkat dan membawa manfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Selain itu, konektivitas baru ini pun diharapkan mampu meningkatkan dan membuka potensi ekonomi dan investasi di wilayah sekitar agar dapat tumbuh pesat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat