bdadinfo.com

Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain  - News

Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain  (hutamakarya.com)

– Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang hingga kini belum juga memiliki jalan tol.

Kendati demikian, pemerintah tak tinggal diam. Demi mempercepat pembangunan sejumlah ruas jalan tol di wilayahnya, Jambi akhirnya mendapatkan dana dengan nilai paling fantastis jika dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Seperti yang diketahui, mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus berprogres.

Baca Juga: Pangkas Waktu Palembang - Prabumulih Jadi 1 Jam, Tak Heran Tol Ini Jadi Andalan dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi Dibandingkan Ruas JTTS Lainnya

Selama satu dekade terakhir, 8 provinsi di Sumatera bahkan sudah berhasil terkoneksi dengan jalan tol.

Pencapaian ini tentunya tak lepas dari dukungan negara di mana memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) sejak tahun 2025 dan terus berlangsung hingga 2023 lalu.

Sebagai informasi, panjang JTTS saat ini yang sudah berhasil dibangun oleh Hutama Karya selaku salah satu kontraktornya mencapai 809 km.

Baca Juga: Prediksi Langsung dari Menteri PUPR Saat Ditanya Terkait Konstruksi Salah Satu Ruas Tol di Sumatera Selatan, Tahun 2025 Sudah Bisa Tuntas: Bulan Apa?

Setidaknya 9 (sembilan) ruas jalan tol sudah beroperasi penuh di JTTS seperti jalan tol Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

PMN yang diberikan pemerintah untuk pembangunan JTTS ini memiliki total sebesar Rp112,5 triliun.

Dana tersebut kemudian dibagi-bagi untuk mengakselerasi pembangunan JTTS pada tiap-tiap ruasnya yang masih dalam tahap konstruksi.

Baca Juga: Tol Kapalbetung Bakal Melintasi 3 Kabupaten Ini di Sumatera Selatan Jika Sudah Utuh Rampung, Wilayah Ini Siap Kecipratan Untung? 

PMN senilai Rp 18,6 triliun akan mengakselerasi pembangunan jalan tol di Sumatra khususnya penyelesaian JTTS Tahap I, serta melanjutkan pengusahaan pembangunan salah satu ruas JTTS Tahap II

Dana tersebut kemudian dialokasikan sebanyak Rp5,17 triliun untuk menyelesaikan jalan tol Tahap I yakni: Binjai – Langsa (Seksi Binjai – Pangkalan Brandan), Simpang Indralaya – Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya – Prabumulih),

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat