bdadinfo.com

Prediksi Langsung dari Menteri PUPR Saat Ditanya Terkait Konstruksi Salah Satu Ruas Tol di Sumatera Selatan, Tahun 2025 Sudah Bisa Tuntas: Bulan Apa? - News

Prediksi Langsung dari Menteri PUPR Saat Ditanya Terkait Konstruksi Salah Satu Ruas Tol di Sumatera Selatan, Tahun 2025 Sudah Bisa Tuntas: Bulan Apa? (bpjt.pu.go.id)

– Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus dikebut untuk sejumlah ruasnya yang masih dalam tahap konstruksi.

Salah satunya adalah yang menjadi bagian dari jalan tol Kayu Agung – Palembang – Betung (Kapalbetung) yakni untuk ruas Palembang – Betung.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan pun membeberkan hasil dari peninjauannya terhadap progres pembangunan tol Palembang – Betung.

Baca Juga: Didatangi Menteri PUPR, Ada Kabar Baik atau Buruk Terkait Konstruksi Jalan Tol di Sumatera Selatan? Progres Tiap Ruasnya Ternyata… 

Sebagai informasi, peninjauan yang dilakukan oleh Menteri Basuki dimulai dari Jembatan Musi yang berlokasi di Palembang.

Untuk ruas Kayuagung - Palembang/Kramasan memiliki panjang lintasan 42 km dan sudah operasional sejak April 2020 silam.

Di sisi lain, untuk ruas Palembang/Kramasan – Pangkalan Balai sepanjang 55 km masih terus diupayakan penyelesaiannya yakni dalam tahap konstruksi dengan progres 75 persen.

Baca Juga: Jalan Tol Penghubung Lampung-Sumatera Selatan Torehkan Rekor Sebagai Ruas JTTS Favorit, Rupanya Ini Alasannya Diminati Masyarakat Saat Musim Liburan

Sementara itu, untuk lintasan sisanya dari Pangkalan Balai – Betung sepanjang 15 km masih dalam tahap pengadaan lahan.

Dengan panjang jalan tol Kapalbetung secara menyeluruh yakni mencapai 112 km, tol tersebut merupakan bagian dari backbone JTTS yang panjangnya mencapai 2.107 km.

Jika sudah tuntas sepenuhnya, JTTS mampu mengkoneksikan Provinsi Lampung hingga ke Aceh.

Baca Juga: Jauh-jauh ke Sumatera Selatan, Menteri PUPR Tinjau Progres Proyek Mahal Jalan Tol yang Semakin Mendekatkan Lampung hingga ke Aceh: Kapan Rampung? 

Dengan kerjasama antara Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah, jajaran kontraktor pelaksana, dan BUJT disepakti bahwa percepatan akan dilakukan demi menuntaskan pembangunan jalan tol di ruas Palembang – Betung.

Dengan demikian, Menteri Basuki optimis bahwa pembangunan jalan tol ini dapat segera tuntas pada awal tahun 2025 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat