bdadinfo.com

Gubernur Sumbar Resmikan Pabrik PT Arsens sebagai Wujud Dukungan atas Upaya Hilirisasi Produk Pertanian - News

Gubernur Sumbar saat meresmikan Pabrik PT Arsens di Guguak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Senin, 1 Juli 2024. (Humas Pemprov Sumbar )

- Pemprov Sumbar terus berupaya meningkatkan produksi pertanian serta hilirisasi dari produk-produk tersebut. Oleh karena itu, kehadiran PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) yang memproduksi olahan minyak atsiri berbahan baku produk pertanian masyarakat Sumbar, sangat disambut baik oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Asharullah.

“Berdirinya pabrik PT Arsens dengan produk minyak atsiri dan baby oil merk Essens ini sangat kita apresiasi. Terlebih, hilirisasi produk pertanian adalah salah satu fokus Pemprov Sumbar, yang bahkan telah dituangkan dalam RPJPD Sumbar 2025-2045,” ucap Gubernur saat meresmikan Pabrik PT Arsens di Guguak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Senin, 1 Juli 2024.

Gubernur menyebutkan, selain memanfaatkan produk pertanian seperti pohon kayu putih dalam proses produksinya, kehadiran PT Arsens yang dimiliki oleh warga asli Sumbar, juga telah dan akan terus membuka peluang bekerja bagi anak-anak Sumbar.

Baca Juga: 158 KK Korban Bencana Dapat Bantuan Rp5 Juta, Gubernur Sumbar Apresiasi Kepedulian Emersia Group

“Kita berharap, agar perusahaan ini semakin berkembang dan bisa bersaing hingga tingkat nasional. Semakin baik perkembangan perusahaan ini, maka akan semakin banyak manfaat yang akan dirasakan oleh daerah kita,” ucap Gubernur yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar; Kepala Biro Adpim, Mursalim; dan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Erinaldi.

Sementara itu, Dasril selaku perwakilan direksi PT Arsens menyebutkan, bahwa kehadiran perusahaan tersebut dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat akan produk-produk yang berasal dari alam alias produk yang lebih alami. Oleh karena itu, perusahaan yang diprakarsai oleh anak-anak asli Sumbar tersebut berupaya memanfaatkan potensi alam yang ada di Sumbar untuk menghasilkan produk minyak atsiri.

“Dari segi potensi sumber daya alam, Indonesia terus menjadi incaran banyak negara. Jika sebelumnya Indonesia menjual bahan mentah ke luar negeri, maka melalui PT Arsens kita mencoba memutus mata rantai itu, dengan memasarkan produk jadi, bukan bahan mentah lagi,” ucap Dasril dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Senator DPD RI Muslim M Yatim tersebut. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat