bdadinfo.com

Khatam Alquran MDTA Darul Amal di Agam, Langkah Nyata dalam Program Peningkatan SDM - News

Khatam Alquran MDTA Darul Amal di Agam, Langkah Nyata dalam Program Peningkatan SDM. (Humas Pemkab Agam)

- Perayaan khatam Alquran ke-14 MDTA Darul Amal berlangsung meriah pada hari ini, dengan pembukaan resmi oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Hamdi, Plh Asisten 2 Kabupaten Agam, di Jorong Sungai Janiah, Kanagarian Tabek Panjang pada Minggu, 30 Juni 2024.

Walinagari Tabek Panjang Kecamatan Baso, Donni Suhendri, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan khatam Alquran yang ke-14 dengan peserta sebanyak 12 orang.

"Acara dimulai dengan arak-arakan pada pagi hari, dilanjutkan dengan sesi mengaji dan pemberian hadiah bagi para peserta yang berprestasi," ungkap Donni.

Baca Juga: Bapenda Agam Turunkan Tim untuk Optimalkan Pendapatan di Tiga Kecamatan

Dalam sambutannya, Bupati Agam menegaskan bahwa kegiatan khatam Alquran ini sejalan dengan Program Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendirian rumah tahfidz dan penyelenggaraan Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) yang telah dilaksanakan dua kali.

"Hari ini adalah momen yang sangat istimewa, sebuah perayaan untuk memperingati selesainya sebuah tahapan membaca dan mempelajari Al Quran," ujar Bupati.

Perayaan ini, lanjutnya, bukan hanya sekadar merayakan sebuah pencapaian, tetapi juga sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Alquran.

Baca Juga: DKPP Agam Sosialisasikan Keamanan Pangan dalam Pelatihan KRPL di Nagari Padang Tarok

"Selain itu, perayaan khatam Alquran merupakan sebuah ajang untuk memperkuat silaturrahmi antara sesama muslim, keluarga, mamak kemenakan, dan perantau," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Agam sangat mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini sebagai suatu bentuk kearifan lokal yang harus dipertahankan. Kegiatan ini juga dianggap sebagai salah satu bentuk kegiatan yang menunjang program strategis dalam mewujudkan ABS SBK (Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah).

Bupati juga berpesan agar perayaan khatam Alquran ini menjadi momen yang tepat untuk meneladani akhlak dan akidah yang terkandung dalam Alquran.

"Jangan berhenti sampai di sini. Kami harapkan agar terus membaca dan mempelajari Alquran," pesan Bupati.

Ia juga mengajak untuk menjadikan perayaan khatam Alquran ini sebagai momen untuk terus membaca dan mempelajari Alquran.

"Mari kita jaga dan lestarikan Alquran sebagai sumber terbaik bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat