bdadinfo.com

Tanggulangi Banjir, Pemko Padang dan BWS Sumatera V Sinergi Siapkan Master Plan Drainase 2025 - News

Tanggulangi Banjir, Pemko Padang dan BWS Sumatera V Sinergi Siapkan Master Plan Drainase 2025 (Humas Pemko Padang )

- Guna menanggulangi banjir di Kota Padang secara masif, Pemerintah Kota Padang dan BWS Sumatera V bersinergi menyiapkan master plan drainase tahun 2025.

Ini dituturkan Pj Wali Kota Padang Andree Algamar usai disambangi oleh Direktur Bina Op Kementerian PUPR M. Adek Rizaldi dan Kepala BWS Sumatera V Dian Almakruf di kediaman resminya, Minggu, 30 Juni 2024.

Didampingi Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto, Andree menyebut secara garis besar banjir di Kota Padang terbagi oleh dua wilayah. Pertama, wilayah pinggir kota, dengan keadaan sungai yang sudah mengalami pendangkalan atau penyempitan.

Baca Juga: BPBD Padang Dapat Mobil Dapur Umum Lapangan, Andree Algamar: Terimakasih BNPB

"Kedua wilayah dalam kota, pada umumnya terusan drainase di dalam kota tidak mampu menampung air saat intensitas hujan yang lebat. Ditambah bersamaan dengan naiknya pasang air laut, itulah yang menyebabkan banjir," tutur Andree.

Mengatasi permasalahan ini, Pemko Padang bersama Pemerintah Pusat melalui BWS Sumatera V sebutnya akan menyusun master plan drainase 2025. Selain itu, proyek master plan ini juga akan dibantu oleh Direktorat Bina Op Kementerian PUPR.

Lebih lanjut, Dian Almakruf menyebutkan pihaknya juga sudah mulai mendesain drainase hingga sistem polder guna menanggulangi banjir. Ia berharap desain master plan ini bisa selesai dengan matang, sehingga saat pengerjaan tidak terdapat halangan ke depannya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat