bdadinfo.com

Tol yang Hubungkan Sumatera Selatan dan Jambi Tuntas Juni 2024, Progres Sudah Signifikan: Harus Segera Rampungkan Sisa PR Ini Agar Target Tak Meleset  - News

Tol yang Hubungkan Sumatera Selatan dan Jambi Tuntas Juni 2024 (bpjt.pu.go.id)

– Tol yang hubungkan dua provinsi di Pulau Sumatera yakni Sumatera Selatan dan Jambi terus mencuri perhatian.

Pasalnya, progres terkini sudah mencapai 54,28 persen dan dalam waktu dekat ditargetkan tuntas.

Sejumlah PR harus segera dirampungkan agar jalan tol Bayung Lencir Tempino Seksi 3 ini bisa selesai dan agar target ketuntasannya tidak meleset lagi.

Baca Juga: Wow! Berkat Jalan Tol Ini 3 Provinsi Bakal Terkoneksi Sekaligus, Riau Siap Didapuk Jadi Episentrum Pulau Sumatera? 

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah mega proyek dengan skema kerja sama operasi (KSO) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wijaya Karya) dan PT Brantas Abipraya (Persero) (Brantas Abipraya) (KSO HK-Wika-BAP).

Dengan panjang jalan utama 15,4 km dan jalan akses sepanjang 1,8 km, pembangunannya sudah dimulai  sejak Mei 2023 lalu dan menghabiskan biaya senilai Rp 2,76 Triliun.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya sebelumnya, Tjahjo Purnomo, menjabarkan bahwa kehadiran jalan tol pertama di Jambi ini memiliki banyak keuntungan.

Baca Juga: 2 Jalan Tol Fungsional Paling Primadona Bagi Warga Sumatera, Salah Satunya Hubungkan Riau dengan Sumbar: Segini Jumlah Kendaraan yang Melintas

Salah satunya adalah mampu meningkatkan sektor perekonomian serta mempermudah akses dan konektivitas antar provinsi.

Dengan begitu, maka tak hanya waktu tempuhnya saja yang terpangkas menjadi lebih efisien tetapi juga dapat mengurangi kemacetan di jalan nasional dari Palembang ke Jambi.

Manfaat lain dari tol ini adalah berpengaruh pada penurunan biaya transportasi, membuka peluang baru dalam perdagangan, investasi serta mendorong peningkatan arus barang dan jasa.

Baca Juga: 2 Raja Jalan Tol Trans Sumatera yang Paling Digemari Warga Sumatera, Total 2 Juta Kendaraan Melintasi JTTS di Momen Spesial Ini: Provinsi Mana?

Jambi sendiri sebagai provinsi dengan potensi wisata alam dan budaya seperti Taman Nasional Bukit Duabelas dan situs arkeologi terluas di Asia Tenggara, yaitu Candi Muaro Jambi akan mendapatkan keuntungan juga dari jalan tol ini.

Jalan tol dapat mendorong pertumbuhan positif pada sektor pariwisata pada provinsi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat