bdadinfo.com

Kalimantan Timur Diambang Perpecahan! 5 Daerah Naik Tahta Demi Pembangunan Mega Proyek Ibu Kota Nusantara yang Super Megah - News

Kalimantan Timur Diambang Perpecahan! 5 Daerah Naik Tahta Demi Pembangunan Mega Proyek Ibu Kota Nusantara yang Super Megah

- Indonesia secara resmi bernama Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota masa depan Indonesia yang rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2024, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-79 Indonesia.

IKN direncanakan akan menggantikan Jakarta yang telah menjadi ibu kota sejak 1961.

IKN Terletak di pantai timur pulau Kalimantan yang saat ini menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Timur, IKN diperkirakan menjadi enklave dari provinsi tersebut.

Baca Juga: Activity 6 Analytic Text 'Do We Need to Stop Eating Meat', Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 Halaman 181 182 Kurikulum Merdeka

Yang mencakup area seluas 2.560 km2 (990 sq mi), menampilkan lanskap berbukit, hutan, dan teluk.

Ibu Kota Nusantara diharapkan akan menjadi daerah otorita yang bersifat khusus dan memisahkan diri dari provinsi Kalimantan Timur.

Pembangunan Nusantara dimulai pada Juli 2022, pembukaan lahan dan pembuatan jalan akses, dengan pembangunan tahap pertama; zona area pusat pemerintahan yang terdiri dari kantor pemerintah, sekolah, dan rumah sakit dibangun pada bulan berikutnya.

Awalnya, 100.000 pekerja dari seluruh Indonesia akan dikirim ke lokasi Nusantara untuk memulai konstruksi pada Juli 2022.

Proyek pembangunan ini dikritik oleh ormas-ormas lokal dari Kalimantan Timur karena mengimpor tenaga kerja dari luar provinsi.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Pemprov DKI untuk memperbanyak tenaga kerja antara 150.000 dan 200.000 pekerja untuk memastikan partisipasi pekerja lokal untuk bekerja di konstruksi Nusantara.

Diketahui, pemekaran 5 daerah di Kalimantan Timur yang dipecah menjadi kabupaten baru demi IKN.

Rencana pemecahan beberapa daerah di Kalimantan Timur bukan omong kosong belaka.

Pasalnya rencana tersebut sudah dimatangkan sejak 2021 silam, sehingga peluas Kalimantan Timur punya 6 kabupaten baru semakin lebar.

Baca Juga: Palembang Berduka! Kehilangan Pintu Keluar Masuk Internasional, Bandara Berusia Setengah Abad Turun Status Hanya Layani Domestik

Rencananya bakal ada 5 daerah yang dipecah demi pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) setingkat kabupaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat