bdadinfo.com

Kalimantan Timur Memang Juara Pemekaran! Punya Kabupaten Baru memiliki wilayah seluas 20.384,6 km² Hampir Seluas Negara Slovenia - News

Kabupaten baru bernama Kutai Barat ini kemudian disahkan pada 5 November 1999 hasil pemekaran kabupaten baru yang seluas negara Slovenia, pecahan Yugoslavia.

- Pemekaran diberbagai Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di pulau Kalimantan, Indonesia. Luas total Kalimantan Timur adalah 127.346,92 km². Populasi provinsi ini pada 2020 sebanyak 3.941.766 jiwa, dan pada akhir 2023 sebanyak 4.007.736 jiwa.

Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah ke empat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi.

Baca Juga: Kalimantan Timur Bersedih! Tanah Buminya Dihabisi Masih Teriak Soal Legalitas di Atas Nasib Warga dan Dampak yang Terus Memburu

Yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia. Kalimantan Timur berbatasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Kalimantan Timur terbagi menjadi 7 kabupaten atau 3 kota. Satu di antaranya ada kabupaten hasil pemekaran yang seluas negara Slovenia, pecahan Yugoslavia.

Kabupaten baru hasil pemekaran wilayah di Kalimantan Timur ini diresmikan pendiriannya pertama kali pada 5 November.

Tak cuma sekali, ternyata kabupaten baru di Kalimantan Timur ini bisa dibilang mengalami pemekaran dua kali.

Mulanya berdasarkan Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999, dilakukanlah pemekaran Kabupaten Kutai.

Baca Juga: Indonesia Makin Berduka! Penambangan Ilegal beri Dampak Mengerikan untuk Rakyat hingga Alam, Kisah Nyatanya Terungkap Mengejutkan

Undang-Undang pemekaran Kabupaten tersebut berlaku sejak 4 Oktober 1999.

Salah satu kabupaten baru hasil pemekaran berdasarkan undang-undang tersebut yakni Kabupaten Kutai Barat.

Dilansir dari diskominfo.kutaibaratkab.go.id, kabupaten baru bernama Kutai Barat ini kemudian disahkan pada 5 November 1999 sekaligus dilakukan pelantikan Aparatur Eselon II dan III di Sendawar.

Disahkan sejak 5 November 1999, di Kabupaten Kutai Barat kemudian dilantik DPRD pertama pada tanggal 15 Desember 2000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat