bdadinfo.com

Usung Tema Go Green and Smart City! Konstruksi Pembangunan Kantor Kemenhan IKN Baru dan Megah Pertama di Kalimantan Timur - News

Kantor Kemenhan RI IKN, Kaltim (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis di Kalimantan Timur sedang dalam tahap pengerjaan dan berkelanjutan sepanjang tahun 2024. 

Berdasarkan laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) PU pada Rabu, 17 April 2024 bahwa dana untuk proyek tersebut bersumber dari APBN 2024.

Berada di bawah Kementerian PUPR, lelang secara spesifik ditangani oleh Satuan kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Kalimantan Timur.

Baca Juga: Luka Tak Berdarah! 17 Bandara Internasional dan Megah Inilah Kemenhub Beri Keputusan Hilangnya Nama ”Internasional” Diubah Jadi Bandara Biasa, Jatim?

Pembangunan Kantor Kementerian Pertahanan RI inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN yang masuk dalam tahap I dipastikan siap beroperasi Juli 2024.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan menyatakan bahwa upaya untuk menggunakan produk lokal tengah dikebut oleh Kementerian PUPR.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN.

Baca Juga: Jakarta Menderita! Makin Bersinar IKN, Konstruksi Pembangunan Hotel Baru dan Megah ke 2 di Kalimantan Timur Siap Sambut 17 Agustusan Tapi Paling Unik?

Tahap 1 telah mencapai 62,65 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule). 

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," tutur Danis.

Rencana pembangunan kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Markas Besar TNI serta Angkatan telah sesuai dengan Master Plan yang disepakati.

Baca Juga: Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Perumahan Elite dan Baru di Kepulauan Riau, Pengembangan Rempang Eco City Makin Berprogres Sejauh Ini

“Kita harus mendukung konsep pembangunan yang ramah lingkungan, yang menjadi konsep dan tema dari pembangunan IKN ini,”

“Karenanya, kita harus berpegang pada semangat Go-Green ini,” demikian Wamenhan M. Herindra, disela-sela pemaparan yang dilakukan langsung di lapangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat