bdadinfo.com

Adu Cepat Proyek Tol Sumbar dan Jambi! Mana yang Rampung Dulu: Tol Padang-Sicincin vs Tol Bayung Lencir-Tempino di 2024? - News

Tol Sumbar dan Jambi Mana yang Rampung Dulu: Tol Padang-Sicincin vs Tol Bayung Lencir-Tempino di 2024? (bpjt.pu.go.id)

– Provinsi Jambi dan Sumatera Barat (Sumbar) saat ini tengah menggesa pembangunan jalan tol yang melintasi wilayahnya.

Kedua mega proyek jalan tol tersebut juga ditargetkan bakal rampung di tahun 2024 ini.

Lalu manakah yang akan lebih dulu tuntas di antara tol Padang-Sicincin dan tol Bayung Lencir-Tempino?

Baca Juga: Jambi Kejar Target Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Tahun Ini, Tuntas Semester 2 di 2024: Bisa Fungsional Saat Mudik Lebaran Mendatang? 

Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km, kecepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang membutuhkan dukungan pemerintah daerah.

Jalan tol ini akan menghubungkan dua provinsi tetangga yakni Sumatera Barat dan Riau.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menjelaskan bahwa progres mengenai pembebasan lahan Jalan Tol Pekanbaru – Padang Seksi 1 Padang - Sicincin saat ini sudah hampir rampung.

Baca Juga: Tak Hanya Dikenal Super Indah, Terowongan Tol Cisumdawu Juga Memakai Teknologi Canggih New Austrian Tunneling Method: Ini Penjelasannya 

Progresnya telah mencapai 92,6 persen dan untuk progres konstruksi fisiknya mencapai 47,22 persen.

Dengan demikian, ditargetkan Jalan Tol Pekanbaru – Padang Seksi 1 Padang – Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024.

Harapannya adalah agar jalan tol ini dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di Sumbar dan Riau.

Baca Juga: Hore! Tol Yogyakarta-Solo Seksi Kartasura-Klaten Tuntas Tahun Ini, Bisa Dilewati saat Momen Mudik Lebaran 2024?

Jalan Tol Pekanbaru-Padang memiliki total panjang 254 km dengan rincian:

Seksi 1 Padang–Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat