bdadinfo.com

Proyek Jalan Tol Getaci Punya Nilai Investasi Rp37,14 Triliun! Bakal Mulai Digarap Tahun 2024 Kuartal 2: Saat Ini Masih Tahap…  - News

Proyek Jalan Tol Getaci Ruas Ini Punya Nilai Investasi Rp37,14 Triliun! Bakal Mulai Digarap Tahun 2024 Kuartal 2: Saat Ini Masih Tahap…  (bpjt.pu.go.id)

– Proyek pembangunan jalan tol Getaci ruas Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Cilacap akan dimulai pada tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian.

Namun demikian, prediksi pembangunannya kemungkinan baru bisa dimulai paling cepat pada kuartal kedua tahun 2024.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Nyambung ke Tol Semarang-Solo Lewat Seksi Ini, Sudah Sejauh Mana Progres Konstruksi pada Seksi Tersebut?

Untuk saat ini, mega proyek tol Getaci sendiri masih dalam tahap prakualifikasi oleh vendor.

Hedy mengatakan setelah tahap itu maka akan dilanjutkan dengan dilakukannya bidding.

Tol Getaci digadang-gadang bakal menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: PUPR Targetkan Ruas Banyurejo-Sleman Rampung Awal 2025, Bagaimana dengan Progres Ruas Tol Yogyakarta-Bawen Lainnya? 

Hal ini karena tol tersebut akan menghubungkan dua provinsi yakni Jawa Barat di Gedebage, hingga Jawa Tengah di Cilacap dengan total panjang 206,65 km.

Dengan panjang lintasan tersebut, maka tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang sampai dengan saat ini menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan panjang lintasan mencapai 189 km akan segera tergeser oleh tol Getaci.

Pada tahap awal pembangunan tol Getaci ini melingkupi ruas Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Ciamis dengan total panjang lintasan mencapai 108,30 km.

Baca Juga: Dikejar Target Tuntas, Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen Digarap Ngebut Tahun Ini: Ruas Mana yang Bakal Kelar di 2025?

Untuk itu diperlukan nilai investasi sekitar Rp37,14 triliun untuk pembangunannya.

Pertimbangan trafik lalu lintas yang cukup tinggi dari Bandung hingga ke Kabupaten Ciamis menjadi pertimbangan dibangunnya jalan tol Getaci ini sampai ke Ciamis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat