bdadinfo.com

Waduh! Pembangunan Tol Getaci Alami Perubahan dari Rencana Awal, Cuma Digarap sampai Ciamis Tak Jadi sampai Cilacap karena Alasan Ini - News

Tol Getaci Cuma Digarap Sampai Ciamis, Ini Alasannya Tak Lanjut Sampai Cilacap  (pu.go.id)

 

Pembangunan proyek strategis nasional (PSN) jalan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci) menarik perhatian masyarakat karena direncanakan mengalami perubahan.

Sebelumnya Tol Getaci diproyeksikan menjadi tol terpanjang di Indonesia yang akan menghubungkan Gedebage - Tasikmalaya hingga ke Cilacap dengan panjang mencapai 206,65 km.

Kini terjadi perubahan rencana dengan disepakati akan dirampungkan ruas jalan hingga wilayah Ciamis, Jawa Barat.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Nyambung ke Tol Semarang-Solo Lewat Seksi Ini, Sudah Sejauh Mana Progres Konstruksi pada Seksi Tersebut?

Artinya pembangunan tol Getaci akan terfokus di Jawa Barat dan belum diketahui jadwal rencana untuk pembangunan dari Ciamis sampai Cilacap di Jawa Tengah.

Hal ini menyusul dengan adanya pembagian proyek tol Getaci dalam dua tahap.

Tahap pertama yakni sepanjang 94,22 km sudah dimulai sejak tahun 2022 dan akan ditargetkan selesai pada 2024 meliputi 2 seksi.

Baca Juga: PUPR Targetkan Ruas Banyurejo-Sleman Rampung Awal 2025, Bagaimana dengan Progres Ruas Tol Yogyakarta-Bawen Lainnya? 

Untuk seksi 1 ini meliputi pengerjaan pada Junction Gedebage – Garut Utara sepanjang 45,20 km.

Kemudian untuk seksi 2, pengerjaan meliputi pada Garut Utara – Tasikmalaya sepanjang 50,32 km.

Untuk pengerjaan pada tahap pertama ini disebutkan bahwa pembangunan nantinya hanya akan terfokus sampai Ciamis.

Baca Juga: Dikejar Target Tuntas, Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen Digarap Ngebut Tahun Ini: Ruas Mana yang Bakal Kelar di 2025?

Dirjen Bina Marga PUPR, Hedy Rahadian, menyebut bahwa perubahan rencana ini dilandasi oleh alasan banyaknya kunjungan menuju Ciamis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat