bdadinfo.com

Dibangun ‘Melayang’, Ini Jawaban Menteri PUPR Saat Ditanya Kapan Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Tuntas  - News

Dibangun ‘Melayang’, Ini Jawaban Menteri PUPR Saat Ditanya Kapan Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Tuntas  (bpjt.pu.go.id)

- Salah satu mega proyek di Pulau Jawa yang saat ini serius tengah dikebut pembangunannya adalah ruas jalan tol Yogyakarta – Bawen.

Jalan Tol yang pengerjaannya terbagi menjadi enam seksi ini pada salah satu seksinya saat ini memiliki progres pembangunan yang signifikan dan ditargetkan akan segera rampung dalam waktu dekat.

Begini jawaban Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, untuk menjawab pertanyaan kapan konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen tuntas.

Baca Juga: Habiskan Rp4 Triliun, Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Baru Diresmikan: Seluruh Ruas JORR 2 Ditargetkan Rampung Tahun Segini

Adapun dengan terealisasinya jalan tol Yogyakarta - Bawen secara penuh maka masyarakat dapat memangkas waktu tempat dari Semarang ke Yogyakarta hanya dalam 1,5 jam.

Kementerian PUPR menyampaikan progres konstruksi jalan tol Yogyakarta - Bawen seksi 1 Yogyakarta - Banyurejo telah mencapai 59,93 persen.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebelumnya menjelaskan bahwa pembangunan ruas jalan tol Yogyakarta banyurejo sepanjang 8,8 km ditargetkan rampung pada awal 2024.

Baca Juga: Tak Sia-sia Usaha Keras Jokowi Bangun Jalan Tol, Panjangnya Langsung Melesat di Era Pemerintahannya: Benarkah? 

Progres pembangunannya memang tengah dikebut, di Banyurejo abutment dan pilar penyangga balok girder sudah ready yang terlihat dari beberapa balok girder sudah tertata rapi di tanah dan siap dipasangkan.

Selain itu pengerjaan juga sudah mulai dilakukan pemasangan rangka-rangka besi untuk kemudian dilanjutkan dengan pengecoran.

Adanya jalan tol Yogyakarta - Bawen ini apabila sudah beroperasi penuh dapat mempercepat akses perjalanan yang melewati dua provinsi tetangga.

retakBaca Juga: Sempat Dikabarkan Retak Pasca Gempa Sumedang, Twin Tunnel Tol Cisumdawu Aman Dilalui: Sudah Pakai Teknologi Tahan Gempa Seperti Tol Trans Sumatera?

Di Pulau Jawa ini diharapkan jalan tol ini akan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi Selatan Pulau Jawa.

Dengan terealisasinya jalan tol Yogyakarta - Bawen ini secara penuh maka masyarakat dapat memangkas waktu tempuh dari Semarang ke Yogyakarta hanya dalam 1,5 jam saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat