bdadinfo.com

Tak Sia-sia Usaha Keras Jokowi Bangun Jalan Tol, Panjangnya Langsung Melesat di Era Pemerintahannya: Benarkah?  - News

Tak Sia-sia Usaha Keras Jokowi Bangun Jalan Tol, Panjangnya Langsung Melesat di Era Pemerintahannya: Benarkah?  (bpjt.pu.go.id)

– Di akhir masa pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya telah berhasil meninggalkan warisan pembangunan jalan tol yang dibangun secara signifikan.

Selama dua periode menjabat, usaha keras Presiden Jokowi untuk terus menggesa penyelesaian pembangunan jalan tol di Indonesia rupanya tak sia-sia.

Lalu benarkah panjang jalan tol di Indonesia melesat di era pemerintahan Presiden Jokowi? Begini hitung-hitungannya.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Retak Pasca Gempa Sumedang, Twin Tunnel Tol Cisumdawu Aman Dilalui: Sudah Pakai Teknologi Tahan Gempa Seperti Tol Trans Sumatera?

Menurut Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengatakan bahwa total panjang jalan tol di Indonesia yang telah beroperasi mencapai 2.816,7 km.

Akhir tahun 2023 panjang ruas jalan tol akan terus bertambah dan ditargetkan akan mampu merampungkan sepanjang 200 km lagi.

Endra juga menyampaikan bahwa bakal ada tambahan panjang jalan tol sepanjang 400 km yang ditargetkan bakal tuntas hingga tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Sumbar Lagi-Lagi Keok dari Riau, Volume Kendaraan yang Melintasi Ruas Tol Ini Masih Kalah Telak Dibanding yang Lewat Tol Riau Ini Saat Nataru

Sehingga pada tahun 2024, target jalan tol akan kembali bertambah sepanjang 600 km lagi.

Untuk saat ini, pembangunan jalan tol yang telah beroperasi mencapai panjang 3.000 km.

Hal ini menegaskan bahwa Presiden Jokowi telah berhasil membangun jalan tol dengan total panjang mencapai 2.200 km atau sekitar 75 persen jalan tol yang beroperasi di Indonesia adalah warisan dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Resmikan 3 Ruas JTTS Baru di Sumut dan Riau? Tinggal Tunggu Konfirmasi Jadwal RI 1

Padahal di era pemerintahan sebelumnya panjang jalan tol keseluruhan di Indonesia hanya mencapai 789 km.

Hal tersebut lantas menjadikan Indonesia memiliki jalan tol yang terpanjang hingga ke level Asia Tenggara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat