bdadinfo.com

Saingan Baru Tol Payakumbuh-Pangkalan, Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Dilengkapi Terowongan Tembus Bukit  - News

Saingan Baru Tol Payakumbuh – Pangkalan, Tol Yogyakarta – Bawen Bakal Dilengkapi Terowongan Tembus Bukit  (Ilustrasi foto Pixabay.com/falco )

Muncul saingan baru dari jalan tol yang digadang-gadang sebagai salah satu yang terindah yakni Jalan Tol Padang Pekanbaru Seksi 4 Payakumbuh Pangkalan di Sumatera Barat (Sumbar).

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen datang dengan kabar bakal menyaingi kemegahan dari tol Payakumbuh Pangkalan karena sama-sama dilengkapi dengan terowongan tol yang menembus bukit.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan sendiri nantinya akan memiliki terowongan tol yang menembus bukit sepanjang 8,95 km.

Baca Juga: Proyek Tol 'Terngesot' Se-Indonesia Ternyata ada di Sumbar, Begini Progres Pembangunannya di Beberapa Seksinya 

Kerap diklaim sebagai tol termegah karena menggunakan alat bor raksasa yang didatangkan langsung dari Jepang demi membangun terowongan tol dengan konstruksi jalan tol yang rumit.

Dengan alat bor canggih dari Jepang, terowongan ini akan dibangun menembus bukit barisan di wilayah-wilayah Sarilamak – Pangkalan.

Dengan biaya yang dibutuhkan untuk dapat mewujudkan jalan tol megah ini kurang lebih Rp9 triliun, sementara itu untuk nilai investasi pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru menyeluruh mencapai Rp78 triliun.

Baca Juga: Belum Kelar Juga! Bagaimana Nasib Pembangunan Tol Padang Pekanbaru dan Tol JTTS Lainnya Jika Presiden Jokowi Lengser?

Untuk pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen sendiri dibangun dengan nilai investasi Rp14,26 triliun.

Ruas tol Yogyakarta-Bawen kini sedang dalam tahap pembangunan dan menarik perhatian masyarakat sebab bakal ada 3 terowongan dalam jalan tol sepanjang 75,82 km tersebut.

Ketiga terowongan di ruas tol Yogjakarta-Bawen ini bukanlah kanal di bawah tanah melainkan akan dibangun menembus perut bukit.

Baca Juga: Wow! Sumatera Utara Buka Tol Baru Lagi, ke Danau Toba Makin Irit Waktu Lewat Jalan Tol Ini: Gratis Sampai Tanggal Ini

Bakal ada 3 terowongan yang akan berdekatan sepanjang 500 meter di ruas tol Yogyakarta-Bawen.

Untuk sekadar informasi, jalan tol Yogyakarta-Bawen akan memiliki 6 seksi antara lain:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat