bdadinfo.com

Pertama dalam Sejarah! Jalan Tol Cisumdawu Menjadi Pionir Fitur Keselamatan Canggih Jalan Tol di Indonesia - News

Jalan Tol Cisumdawu jadi pionir fitur keselamatan canggih jalan tol Indonesia

- Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) tak hanya menjadi primadona baru bagi pengendara, tetapi juga menorehkan sejarah bagi pemilik terowongan kembar (Twin Tunnel) terpanjang pertama di Indonesia.

Dibalik megahnya Twin Tunnel, terdapat teknologi canggih yang menjamin keselamatan dan kelancaran perjalanan.

Berkendara di dalam Twin Tunnel sepanjang 3,2 kilometer ini tak ubahnya memasuki sebuah lorong aman yang terjaga dengan cermat.

Baca Juga: Jalan Tol Indrapura Kisaran Telah Beroperasi Penuh, Menghubungkan Medan ke Kisaran dalam 2 Jam!

Sistem pencahaan yang redundan menjadi lini pertahanan pertama, dengan Lampu Darurat I yang langsung menyala ketika sumber listrik utama padam.

Selain itu, Lampu Darurat II yang diaktifkan oleh Generator Diesel internal saat mati lampu berlangsung lebih dari 30 menit.

Tak hanya itu, Lampu Induksi Darurat pun siap memandu para pengguna jalan menuju portal pelarian terdekat jika terjadi kebakaran.

Baca Juga: Presiden Ke-5 RI Jadi Biang Kerok Dibalik Sumatera Barat Pecah! Kota Ini Cuma Miliki 3 Kecamatan Diresmikan Merdeka Demi Singgasana Baru

Sinar penunjuk arah yang jelas dan tahan lama ini memastikan kelancaran evakuasi dalam situasi yang penuh asap dan minim cahaya.

Di balik tembok kokoh Twin Tunnel, terdapat Generator Darurat yang siap siaga menjadi sumber energi cadangan saat jaringan listrik utama terputus.

Generator ini dapat beroperasi dengan berbagai bahan bakar, mulai dari bensin, solar, gas alam, hingga propana, memastikan kelancaran sistem kelistrikan vital seperti ventilasi dan pompa air.

Baca Juga: Warisan Leluhur! Syarat Wajib Perempuan NTT, Belum Boleh Menikah Jika Belum Bisa Membuat Kain Tenun

keamanan pengguna jalan semakin terjamin dengan keberadaan jalur evakuasi yang memandu mereka ke luar terowongan dengan aman.

Jalur ini dilengkapi dengan penunjuk arah yang jelas dan lampu penunjuk yang mudah terlihat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat