bdadinfo.com

Lewati Rawa Sungai, Hutan dan Menembus Bukit, Jalan Tol Padang Sicincin Bakal Jadi Primadona di Jalan Tol Trans Sumatera dan Termegah di Asia Tenggara - News

Jalan Tol Padang Sicincin Jadi Primadona di Jalan Tol Trans Sumatera ditargetkan pembebasan lahan dapat selesai 100 persen pada Desember 2022, sehingga percepatan konstruksi dapat dilakukan dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

 -Pembangunan mega proyek jalan tol terowongan di Sumatera Barat bakal menjadi primadona di Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS dikarenakan jalan tol ini akan jadi yang termegah di Asia Tenggara.

Di mana pihak Dinas Bina Marga Cipta karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat menyebut terdapat satu titik pembuatan terowongan untuk Jalan Tol Padang-pekanbaru yang berada di kabupaten Limapuluh kota.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan panjang proyek yang akan digarap JICA itu hampir 11 km dengan nilai investasi 7 triliun rupiah.

Pengerjaan terowongan itu akan dimulai pada tahun ini, dan ditargetkan pengerjaan terowongan tuntas 8 tahun lamanya.

Artinya, pada 2032, terowongan tersebut selesai dikerjakan, dan akan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

Diketahui bahwa salah satu proyek paling rumit di Indonesia adalah pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru.

Lantaran PT Hutama Karya (Persero) memastikan proyek jalan bebas hambatan atau tol Padang Pekanbaru bergerak signifikan.

Adapun, tol Padang Pekanbaru merupakan koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), bergerak signifikan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan Jalan tol Bangkinang Koto Kampar dan Seksi Padang-Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana.

Memang, pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru dibagi menjadi enam seksi.

Jalan tol ini akan menghubungkan konektivitas provinsi Sumatra Barat dan Riau dengan total panjang 254 kilometer (km).

Dia mengatakan, dari enam seksi tersebut, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah mengoperasikan jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang pada September 2022.

“(Tol Seksi Pekanbaru-Bangkinang) diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Januari 2023 lalu,” Paparnya.

Dia menjelaskan, konstruksi jalan tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah mencapai 75,13 persen untuk pengerjaan konstruksi dan 90,72 persen untuk pengadaan lahannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat