bdadinfo.com

Biar Tidak Mudah Bingung Saat Meminum, Inilah Perbedaan Penting Antara Air Mineral dengan Air Minum - News

Ilustrasi air minum mineral dalam kemasan plastik (pexels.com/Emma Pollard )



- Air, merupakan sumber kehidupan yang dapat dinikmati semua orang, termasuk juga bagi yang mendapatkan kenyamanan untuk menikmati air dimanapun berada.

Air menjadi salah satu yang paling banyak disukai di semua kalangan, kelompok umur, dan lain-lain, sehingga tidak diragukan lagi bahwa air merupakan sumber Kesehatan manusia.

Bisa digunakan untuk meminum, membuat minuman, es batu dan sebagainnya, tentu saja air bisa diolah untuk menjadi minuman yang layak untuk dikonsumsi setiap harinnya.

Baca Juga: Balapan Utama MotoGP Belanda 2024: Ducati Lenovo Team Sukses Tempatkan Kedua Pembalapnya di Podium

Ada satu hal yang mungkin sulit dipungkiri, terkait perbedaan antara Air Mineral, dan Air Minum sehingga menjadi hal yang wajib dipelajari bagi siapa saja.

Secara tidak langsung, dari mulai bentuk, warna, dan rasa kedua jenis air tersebut, memang tampak mirip tapi tak sama, sehingga banyak yang menganggap sama.

Inilah perbedaan antara Air Minum, dengan Air Mineral yang perlu diketahui secara keseluruhan, agar tidak mudah bingung saat mengonsumsi minuman tersebut :

1. Sumber Air

Pada dasarnya, air putih berasal dari sungai, danau, atau sumber alami lainnya, sementara air mineral dihasilkan dari daerah yang memiliki kandungan mineral tinggi.

Kandungan dalam air mineral yakni zinc, zat besi, magnesium, dan kalsium, namun setidaknya air putih dapat diubah menjadi air mineral dengan menambahkan beberapa nutrisi ke dalam air putih.

2. Pengolahan

Air mineral berasal dari sumber air bawah tanah yang terlindungi dari risiko pencemaran, dan ada juga kandungan garam mineral yang dalam takaran tertentu.

Kemudian air tersebut, diolah dengan sedemikian rupa tanpa ada efek samping yang dihasilkan, kalua air putih diolah dengan cara dimasak, dan di kota-kota maju, ada fasilitas air gratis melalui air keran.

Baca Juga: Buka Jalan Baru Lewat Program Padat Karya, Masyarakat Sampaikan Terima Kasih Kepada Pj Wako Padang

3. Masa Kadaluwarsa

Air mineral mempunyai masa kadaluwarsa karena menggunakan botol, atau plastik yang digunakan ketika pengemasan mengalami kebocoran bahan kimia ke dalam air.

Hal tersebut terjadi, apabila botol cacat akibat karena kerusakan, atau sudah terlalu lama tetapi digunakan, dan biasannya sering terjadi bagi yang menyiman terlalu lama.

Akan tetapi, tidak terlalu berdampak secara signifikan terhadap orang dewasa, Efeknya hanya terasa kepada anak-anak, dan balita karena dapat mengganggu sistem hormon.

Apabila air mineral yang diminum terasa bau aneh, sebaiknya jangan diminum, Segera habiskan air mineral ketika dibuka pertama kali untuk mencegah terjadinya perkembangan bakteri.


4. Manfaat

Air putih dapat mengatasi dehidrasi, dan menjaga tubuh agar tetap segar. Bahkan air putih dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh, tetapi harus dipastikan terlebih dahulu kualitas sumber airnya.

Air mineral memiliki kandungan nutrisi yang lebih melimpah. Sehingga air mineral cenderung memiliki manfaat yang lebih banyak, daripada air putih biasa.

Itulah perbedaan antara air minum, dengan air Mineral yang perlu dipahami, bagi setiap orang tentu bisa menikmati sambil meminum air yang dibeli, maupun disediakan di tempat tertentu.

Paling penting dari manfaat air tersebut, adalah Kesehatan tubuh, karena tubuh manusia membutuhkan cairan untuk meningkatkan energi saat beraktivitas dari pagi hingga malam hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat