bdadinfo.com

2024 JTTS Tak Jadi Sampai ke Aceh, Jambi Ketiban Untung Besar: Tol Betung – Tempino Bawa Manfaat Segini Banyak - News

2024 JTTS Tak Jadi Sampai ke Aceh, Jambi Ketiban Untung Besar: Tol Betung – Tempino Bawa Manfaat Segini Banyak (bpjt.pu.go.id)

Kabar mengenai Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sebelumnya ditargetkan dapat rampung 2024 dengan mengubungkan jalan mulai dari Lampung hingga Aceh justru gagal tentu sangat disesalkan.

Kendati tak jadi terhubung sampai ke Aceh, Provinsi Jambi malah ketiban untung besar dari pembangunan salah satu ruas jalan tol yang melewati wilayahnya.

Ruas jalan tol tersebut adalah tol Betung – Tempino - Jambi seksi 3 Bayung Lencir - Tempino saat ini masih terus dikebut pengerjaannya.

Baca Juga: Tak Kalah Ribet dari Tol Payakumbuh Pangkalan, Tol Padang Pekanbaru Seksi 5 Punya Konstruksi Rumit tapi...

Dengan adanya jalan tol tersebut maka Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Jambi dapat terkoneksi dengan lebih maksimal.

Hal ini tentu akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap wilayah Sumatera, serta berpotensi untuk mengubah landskap ekonomi di pulau tersebut.

Jalan tol Bayung Lencir - Tempino berperan sangat penting karena selain menjadi jalan tol pertama di Provinsi Jambi, jalan tol tersebut juga dapat langsung terhubung dengan Provinsi Sumatera Selatan serta Lampung.

Baca Juga: Stadion Utama Sumbar Bakal Full Tribun Gantung, Konsep Modern, dan Biaya Fantastis: Progres sudah Sampai Mana? 

Hal tersebut otomatis membuat jalan tol ini sekaligus menjadi tulang punggung transportasi di lintas Timur Sumatera yang ditargetkan bakal tuntas pada tahun 2024 mendatang.

Dengan biaya investasi sebesar Rp2,76 triliun, pembangunan tol Bayung Lencir – Tempino terus dikebut.

Pembiayaan proyek ini dilakukan melalui dua skema konstruksi yaitu kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) sepanjang 136,3 KM serta skema konstruksi pemerintah sepanjang 33,63 km.

Baca Juga: Ruas Tol Ini Batal Dilanjutkan Usai Dicoret dari PSN, Riau dan Sumatera Utara Gagal Terhubung? 

Untuk saat ini, tol Bayung Lencir – Tempino sudah sampai pada 12 persen progres pengerjaan hingga akhir bulan September.

Jalan tol ini kemudian bakal ditargetkan untuk mencapai progres pengerjaan hingga 42 persen pada akhir tahun 2023 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat