bdadinfo.com

Suntikan Dana Rp 1 Triliun untuk Hutama Karya: Tol Lampung-Jambi Akan Rampung 2025, Proyek Mega Infrastruktur yang Siap Mengubah Wajah Sumatera! - News

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin di Provinsi Sumetar Barat yang konstruksinya akan dirampungkan bersamaan dengan sejumlah proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek bagian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini sebelumnya ditarget tuntas Juli 2024. (Dok: Hutama Karya)

- PT Hutama Karya (Persero) mengajukan usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1 triliun untuk mempercepat penyelesaian proyek-proyek infrastruktur, terutama Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, menyatakan bahwa dana ini akan dialokasikan untuk ruas tol Palembang-Betung, yang merupakan bagian penting dari jaringan tol tersebut.

Baca Juga: Siap Hubungkan Sumatera Utara dan Aceh Tahun Ini dengan Proyek Raksasa Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan 57 km, HKI Tembus Tantangan Ekstrem!

"Urgensi dari permohonan PMN ini adalah untuk memperbaiki struktur pengendalian dan meningkatkan kapasitas perusahaan dalam rangka melanjutkan pelaksanaan penugasan percepatan pembangunan jalan tol Trans Sumatera," ujar Budi Harto dalam rapat bersama dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Selain untuk ruas tol Palembang-Betung, dana PMN juga akan digunakan untuk meningkatkan konektivitas backbone jalan tol Trans Sumatera dari Bakauheni hingga Jambi, yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

Baca Juga: Dari Sumatera hingga Papua! ESDM Targetkan 15 Proyek Penyimpanan Karbon Senilai Triliunan Rupiah Rampung pada 2030, Jadi Pionir Teknologi Hijau Asia

Proyek ini diharapkan dapat menurunkan waktu tempuh dan biaya transportasi, meningkatkan potensi penerimaan fiskal, serta menciptakan lapangan kerja di sepanjang koridor tol.

Pelaksanaan pembangunan JTTS sepanjang 2.854 km dibagi menjadi empat tahap.

Hingga saat ini, tahap 1 telah menyelesaikan 9 ruas yang beroperasi secara penuh. Sisanya, termasuk sebagian tahap 2, diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Transformasi Jalan Tol Indonesia: 7 Ruas Tol Bakal Terapkan Sistem MLFF yang Revolusioner, Mengubah Total Pengalaman Berkendara!

Tahap 2 melibatkan pembangunan ruas backbone yang menghubungkan Palembang dan Pekanbaru, sedangkan tahap 3 akan melanjutkan konektivitas dari Pekanbaru hingga Aceh.

Hingga 25 Juni 2024, Hutama Karya telah membangun jalan tol Trans Sumatera sepanjang 800 km.

Jalan Tol Kapalbetung, yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol, dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp22,16 triliun.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Jalan Tol Parapat Sumatera Utara Dijuluki Tol Terindah di Indonesia, Hadir dengan Dua Terowongan Spektakuler di Pinggir Danau Toba

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat